Sabtu, 19 Okt 2019

Irman Gusman Sebut KPK Masih Tebang Pilih Tangani Korupsi

Kamis, 09 Januari 2014 16:53 WIB
SIB/Ist
Irman Gusman
Jakarta (SIB)-  Peserta konvensi capres PD Irman Gusman menyebut KPK belum maksimal dalam menangani korupsi. KPK pun dianggap masih tebang pilih dalam sejumlah kasus.

"Saya melihat masih ada tebang pilih dari KPK. Ada beberapa kasus, tapi tidak usah saya sampaikan. Kalau saya diberi kesempatan menjadi Presiden akan saya ubah sistem penanganan kasus korupsi ini," ujar Irman dalam Meet the Press Peserta Konvensi Capres PD di Sekretariat Konvensi, Jl. Pati Unus No 75, Jakarta Selatan, Rabu (8/1).

KPK dianggap hanya menangkap koruptor-koruptor kecil. Sehingga KPK tak ubahnya lembaga penegak hukum biasa.

"KPK itu kan awalnya adalah lembaga ad hoc. Maksudnya saat itu adalah agar lebaga penegak hukum seperti polisi dan kejaksaan mendapat stimulasi agar leboh baik. Jadi KPK itu tugasnya menangkap big fish, tidak seperti sekarang yang hanya ikan-ikan kecil," kata Irman.

Padahal KPK telah berhasil membongkar praktik menyimpang di tubuh MK dengan menyeret Ketuanya saat itu, Akil Mochtar. KPK pun tanpa ragu menetapkan Anas Urbaningrum yang saat itu menjadi Ketua Umum PD, partai penguasa.

"Orang yang lebih hebat dari Abraham Samad pun tidak akan bisa berantas korupsi kalau sistemnya begini. Harus dengan pembuktian terbalik kalau mau hebat," ujar Irman.(dtc/w)
T#gs KPK
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments