Rabu, 19 Feb 2020
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Dua Kabupaten di Sumbar Dilanda Banjir, Jalan Lintas Sumatera Terputus

Dua Kabupaten di Sumbar Dilanda Banjir, Jalan Lintas Sumatera Terputus

redaksisib Rabu, 22 Januari 2020 21:46 WIB
news.detik.com
Sijunjung (SIB)
Dua kabupaten di Sumatera Barat, yakni Sijunjung dan Dharmasraya dilanda banjir dan tanah longsor. Selain merendam rumah warga, banjir memutus jalan Lintas Sumatera.

Banjir menggenangi jalan raya dengan ketinggian hingga satu meter. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi. Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, mengaku pihaknya sudah mengerahkan sejumlah alat berat ke lokasi untuk membantu membersihkan badan jalan yang tertimbun.

"Ada beberapa titik longsor. Jumlah pastinya masih sedang di data, karena petugas kami sedang di lapangan. Tapi alat berat sudah kami kirim, baik milik Pemda, maupun swasta," jelas Yuswir dalam perbincangan, Selasa (21/1).

Menurut Yuswir, banjir juga merendam Jalan Lintas Tengah Sumatera sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Selain di Sijunjung, musibah serupa juga terjadi di Kabupaten Dharmasraya. Banjir bukan hanya merendam rumah warga, melainkan juga memutus jalan utama Lintas Sumatera di KM 176, tepatnya di Kenagarian Selasih, Kecamatan Pulau Punjung.

"Ada beberapa titik musibah. Semuanya sedang kita tangani," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam kesempatan terpisah.

Ia menyebutkan, banjir dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Senin (20/1) malam. Belum ada laporan korban jiwa akibat musibah itu.
'Pindah' ke Jalan

Sementara itu, sebuah rumah warga pindah ke tengah jalan karena ada di bawah perbukitan yang longsor.

"Iya, ada satu rumah warga yang bergeser ke tengah jalan karena longsor," kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Sijunjung, Herry Chaniago.

Menurut Herry, rumah yang dibawa ke tengah jalan itu merupakan milik seorang dokter hewan bernama Kenedi. Lokasinya ada di Jalan Lintas Sumatera KM 170 dari Padang, tepatnya di Kenagarian Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung.

"Selain jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Sumbar-Jambi, longsor juga mengganggu arus lalu lintas Sumbar-Riau, akibat penumpukan material longsor yang menutupi jalan," kata Herry.

BPBD Sumbar sudah mengirim sejumlah alat berat ke lokasi untuk membersihkan material longsor. "Petugas kita juga sedang di lapangan membantu evakuasi warga," katanya. (detikcom/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments