Kamis, 14 Nov 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • DPRD Kota se-Indonesia Minta Kenaikan Biaya Perjalanan Dinas ke Mendagri

DPRD Kota se-Indonesia Minta Kenaikan Biaya Perjalanan Dinas ke Mendagri

Kamis, 25 Juni 2015 12:16 WIB
Jakarta (SIB)- Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu dengan pengurus Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi). Mereka meminta agar dana perjalanan dinas ditingkatkan.

"Uang perjalanan dinas yang sekarang kalau tidak salah Rp 500 ribu. Itu dari daerah ke Jakarta ya tidak cukup," kata Tjahjo usai bertemu dengan Adeksi di Gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (24/6).

Memahami hal itu, kata Tjahjo, pihaknya akan meninjau peningkatan dana itu. Jumlah peningkatan dana akan disesuaikan dengan fiskal daerah.

"Yang penting tercukupi, bisa untuk biaya pesawat, kalau kendaraan ya bensinnya, makannya dan hotel. Kita menyesuaikan yang wajar," ujar Tjahjo.

Selain itu, Adeksi juga meminta agar biaya perjalanan dinas dan uang reses sifatnya lumpsum, tidak at cost. Artinya, anggaran sudah ditetapkan di awal.

"Mereka ingin seperti anggota DPR RI, dimana uang reses sifatnya lumpsum," ujarnya.

Perubahan anggaran tersebut, kata Tjahjo dapat langsung dimasukkan dalam APBD Perubahan. Ia berharap usulan tersebut akan disetujui oleh Kemenkeu.

Tjahjo mengatakan, saat ini gaji mereka berkisar antara Rp 5,6-8 juta. Gaji yang cukup rendah itu, menurut Tjahjo, merupakan salah satu faktor terjadinya korupsi.

"Selama gaji masih Rp 5,6 juta ya kejadian seperti di Musi Banyuasin bisa terulang terus," ujar Tjahjo.(detikcom/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments