Senin, 21 Sep 2020

Warga Sergai Positif Covid-19 Bertambah Satu

Rimpun H Sihombing Kamis, 11 Juni 2020 14:15 WIB
Foto SIB/Rimpun H Sihombing
PAPARKAN : Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai, Drs H Akmal MSi didampingi Sekretaris Gugus Tugas dr Helmi Nur Sinaga dan Sekreraris BPBD Samsunik memaparkan kronologis warga Sergai yang dinyatakan positif Covid-19 di Posko Gugus Tugas, Kamis (11/6/2020). 
Sergai (SIB)
Satu lagi warga Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sesuai surat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diserahkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai.

"Asalnya dari Kecamatan Perbaungan, laki-laki berusia 20 tahun. Dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab, sesuai surat Dinas Kesehatan Provinsi Sumut," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas, H Akmal didampingi Sekretaris Gugus Tugas dr Helmi Nur Sinaga dan Sekretaris BPBD Samsunik, Kamis (11/6/2020) di Posko Gugus Tugas di Rumah Dinas Bupati Sergai di Seirampah.

Akmal menyampaikan, yang bersangkutan merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang didata oleh dinas kesehatan hasil tracing kontak dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.

"Yang bersangkutan merupakan keluarga dari pasien Covid-19 yang dinyatakan positif beberapa waktu lalu, dan diketahui memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 yang saat ini telah dirawat di rumah sakit Colombia Medan," ujar Akmal.

Kadis Kominfo Sergai ini lebih lanjut menjelaskan, pada Jumat (5/6/2020), tim Gugus Tugas, dalam hal ini dinas kesehatan, melakukan tes PCR terhadap 4 orang yang melakukan kontak fisik dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

"Dan pada Selasa (9/6/2020), Dinas Kesehatan Provinsi Sumut mengumumkan bahwasanya, 3 dari 4 orang yang diambil sampel swabnya, satu di antaranya yakni yang bersangkutan, dikonfirmasi positif Covid-19, sedangkan 2 orang negatif dan satu orang lagi, hasil tes PCR nya belum keluar," terang Akmal.

Informasi terkini, lanjutnya, yang bersangkutan masih isolasi mandiri dalam pengawasan dinas kesehatan. Rencananya hari ini, Kamis (11/6/2020), petugas medis dari Puskesmas dibantu camat dan unsur Muspika setempat, akan melakukan penjemputan terhadap yang bersangkutan untuk dirujuk ke rumah sakit GL Tobing Tanjungmorawa guna dilakukan isolasi rawat di rumah sakit tersebut.

Dinas kesehatan juga akan melakukan tracing terhadap orang-orang yang ada kontak erat dengan yang bersangkutan.

"Karena saat isolasi mandiri yang lalu, ada informasi bahwa yang bersangkutan ada keluar rumah dan berinteraksi dengan warga sekitar. Jika hasil tracing sudah didapat, maka akan dilakukan rapid tes dan juga tes PCR atau swab kepada orang-orang yang terkait kontrak dengan yang bersangkutan," katanya.

Selain itu, tambah Akmal lagi, Gugus Tugas akan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah yang bersangkutan dan sekitarnya selama tiga hari berturut-turut. Dinas Kesehatan juga akan terus melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan mengimbau warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dengan adanya penambahan satu orang warga positif Covid-19, maka positif Covid-19 di Sergai sampai saat ini sebanyak 9 orang dengan rincian, 1 orang meninggal dunia, 3 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang dalam isolasi perawatan di rumah sakit rujukan yang ada di Provinsi Sumut. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) ada 9 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 2 orang dan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 13 orang," pungkas Akmal. (*)


Editor: Robert

T#gs COVID-19covid 19H AkmalPCRDisinfektan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments