Selasa, 11 Agu 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Warga Punya Mobil di Taput Dapat Bantuan Bedah Rumah, Jabatan Kadis Perkim Sumut Perlu Dievaluasi

Warga Punya Mobil di Taput Dapat Bantuan Bedah Rumah, Jabatan Kadis Perkim Sumut Perlu Dievaluasi

Firdaus Peranginangin Sabtu, 11 Juli 2020 18:57 WIB
  • Mangapul Purba
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Dapil wilayah Tapanuli Mangapul Purba menilai, Kadis Perkim (Perumahan dan Kawasan Pemukiman) Sumut tidak becus menggulirkan bantuan bedah rumah kepada masyarakat miskin di Taput (Tapanuli Utara), karena yang mendapatkan bantuan justru warga yang memiliki mobil.
"Gubernur harus segera bertindak dengan secepatnya mengevaluasi Kadis Perkim Sumut dari jabatannya, karena tidak memihak kepada masyarakat miskin. Tapi justru membantu masyarakat mampu melalui bedah rumah," tandas Mangapul Purba kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020) ketika dihubungi melalui telepon di Taput.
Sesuai aturan, kata Ketua F-PDI Perjuangan ini, dana bedah rumah itu peruntukannya kepada warga yang tak mampu, tapi berkat kepiawaian oknum-oknum di Dinas Perkim, ternyata bisa dialihkan kepada masyarakat yang mampu ekonominya.

"Temuan ini baru di satu kabupaten saja, dan kemungkinan juga terjadi di kabupaten lainnya sehingga bantuan bedah rumah itu tidak tepat sasaran. Kita tau, untuk bantuan satu bedah rumah sebesar Rp26 juta, dan biaya tukang Rp 4 juta. Jika dikalikan 1000 rumah di Sumut, berarti sudah miliaran rupiah anggaran yang digulirkan untuk bedah rumah," kata Mangapul.
Berkaitan dengan itu, Mangapul mempertanyakan proses verifikasi dan tim survey yang dilakukan Dinas Perkim, karena sebelum bantuan digulirkan kepada warga, tentunya diawali dengan verifikasi dan survey, tapi kenapa bisa lolos kepada orang yang mampu.

"Sesuai dengan pengakuan Bupati Taput, Dinas Perkim Sumut ternyata tidak pernah melakukan koordinasi dengan Pemkab Taput, saat akan memberikan bantuan bedah rumah pada tahun 2019. Padahal Pemkab Taput yang paling tahu kondisi warganya," ujar Mangapul.

Atas temuan ini, Mangapul menegaskan, Komisi D DPRD Sumut akan menjadwalkan pemanggilan Kadis Perkim Sumut dalam rapat dengar pendapat, guna mempertanggungjawabkan perihal bantuan rumah bedah yang salah sasaran dimaksud.
Seperti diketahui, ujar Mangapul, tim Kunker DPRD Sumut menemukan adanya bantuan bedah rumah di Desa Lumban Sormin, Kecamatan Pangaribuan Taput tidak tepat sasaran. Penerima bantuan bedah rumah merupakan orang yang mampu dan memiliki usaha kilang padi. (*)



Editor: [email protected]

T#gs bantuan bedah sumut bermasalah di taputCOVID-19covid 19DPRD Sumutsumut
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments