Sabtu, 15 Agu 2020

Wabah Corona, Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selir

Kompas.com Selasa, 31 Maret 2020 14:33 WIB
Kompas.com
Raja Maha Vajiralongkorn

Bangkok (SIB)
Raja Maha Vajiralongkorn, yang juga dikenal sebagai Rama X, kini tengah mengisolasi diri di sebuah hotel mewah di resor Pegunungan Alpen, Garmisch-Partenkirchen dengan rombongannya.

Raja kontroversial Thailand ini dikabarkan telah memesan seluruh Grand Hotel Sonnenbichl di Jerman, setelah menerima "izin khusus" dari dewan distrik untuk mengakomodasi kelompoknya.

Menurut laporan tabloid Jerman, Bild seperti dilansir Kompas.com, Selasa (31/3/2020), rombongan raja berusia 67 tahun itu termasuk 20 selirnya dan banyak pelayan. Belum diketahui apakah empat istrinya juga tinggal di hotel tersebut atau tidak.

Wisma dan hotel di wilayah tersebut telah diperintahkan untuk ditutup karena krisis virus corona. Tetapi, juru bicara dewan distrik setempat mengatakan Grand Hotel Sonnenbichl merupakan pengecualian, karena tamu dianggap sebagai kelompok orang homogen tunggal tanpa fluktuasi.

Namun, 119 anggota rombongan dilaporkan telah dikirim kembali ke Thailand dengan dugaan telah terkena penyakit pernapasan yang sangat menular.

Berita tentang isolasi diri Vajiralongkorn di sebuah hotel mewah disambut kemarahan oleh puluhan ribu warga Thailand.

Mereka berpotensi dianggap melanggar undang-undang negara itu, karena mengkritik Raja secara online.

Di bawah hukum mereka, siapapun yang menghina atau mengkritik monarki bisa dijatuhi hukuman penjara hingga 15 tahun.

Namun, sebuah tagar berbahasa Thailand yang diterjemahkan menjadi "Mengapa kita membutuhkan seorang raja?" muncul di Twitter dan telah disuarakan sebanyak 1,2 juta kali dalam 24 jam setelah seorang aktivis mengklaim Vijaralongkorn bepergian ke Jerman di tengah pandemi yang masih terus menyebar di seluruh Thailand.

Menurut laporan The Times, Raja Thailand sendiri belum muncul di depan publik di negara asalnya sejak Februari. (*)


Editor: Wilfred Manullang

T#gs Raja Maha VajiralongkornThailandvirus Coronaisolasi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments