Minggu, 09 Agu 2020

Update Covid-19 di Sumut 10 Juli : Positif Bertambah 112 Orang

Roland Tambunan/Leo Bukit Jumat, 10 Juli 2020 22:23 WIB
Dok/Humas Pemprovsu

Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB 

Medan (SIB)
Hari ini, Jumat (10/7/2020), kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara bertambah 112 orang, sehingga total menjadi 2.197 orang.
Sebelumnya jumlah positif terinfeksi Covid-19 melalui hasil swab PCR, Kamis (9/7/2020), sebanyak 2.085 orang.

Data tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Whiko Irwan kepada wartawan di Medan, Jumat (10/7/2020) sore.

Ia mengatakan, dengan banyaknya pertambahan terinfeksi Covid-19 di Sumut, seharusnya masyarakat harus semakin mengurangi intensitas aktivitas sosial, karena banyak orang tanpa gangguan, tanpa keluhan tetapi ternyata membawa virus.

"Untuk itu jangan ke luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak," katanya.

Selain itu, kata dia, lakukan kegiatan secepat mungkin di luar rumah dengan tetap menggunakan masker. Jangan berkumpul atau berkerumun untuk hal-hal yang tidak perlu dan mengandung risiko untuk tertular penyakit.

Jangan naik kendaraan umum yang penuh sesak, jangan lepas masker yang telah digunakan, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dan ganti dengan masker yang baru.

"Protokol kesehatan menjadi kunci untuk menjawab kemungkinan yang paling benar agar tidak tertular. Setiap orang harus mematuhi untuk menjaga jarak. Setiap orang harus mematuhi cara menggunakan masker secara benar. Setiap orang juga harus rajin mencuci tangan. Kalau tidak maka akan sangat mungkin terinfeksi dan menambah kasus positif," katanya.

Dia menjelaskan, pertambahan pasien terinfeksi Covid-19 sebanyak 112 orang dalam sehari itu berasal dari Medan 74 orang, Binjai 3 orang, Sibolga 4 orang, Deliserdang 7 orang, Karo 1 orang, Asahan 1 orang, Labuhanbatu 1 orang, Sergai 1 orang, Batubara 2 orang, warga luar Sumut 3 orang dan tidak memiliki data domisili 15 orang.

Dia mengatakan, dari total orang yang positif Covid-19 teraebut, sebanyak 526 orang sudah sembuh, sebelumnya 514 orang. Adapun 12 orang yang sembuh berasal dari Medan 7 orang, Padangsidempuan 2 orang, Deliserdang 2 orang dan Langkat 1 orang. Lalu yang meninggal dunia 116 orang, sebelumnya 115 orang. Satu orang yang meninggal itu berasal dari Medan.

Kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang menjalani perawatan sebanyak 260 orang, sebelumnya 252 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.694 orang, sebelumnya 1.690 orang.

Menurut dia, pertambahan jumlah kasus positif tersebut, merupakan hasil dari pelaksanaan contact tracing yang agresif, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium. Karena semakin banyak didapatkan penderita positif Covid-19, di satu sisi memudahkan pemutusan penularan terhadap orang di sekitar.

Namun di sisi lain menjadi peluang pertambahan kasus apabila masing-masing masyarakat tidak patuh menjalankan protokol Kesehatan. "Karenannya kuncinya adalah patuh menjalankan protokol kesehatan," tutupnya. (*)

Editor: [email protected]

T#gs dr Whiko Irwan covid-19 covid 19 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut odp OTG PDP update Covid-19Sumatera Utara
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments