Senin, 28 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Tukang Urut Hingga Karpim Disebut Terpapar Covid-19 dari Manajer, Kebun Rantauprapat Sepi Mencekam

Tukang Urut Hingga Karpim Disebut Terpapar Covid-19 dari Manajer, Kebun Rantauprapat Sepi Mencekam

Efran Simanjuntak Kamis, 13 Agustus 2020 15:57 WIB
SIB/Efran Simanjuntak

SEPI MENCEKAM: Suasana di lingkungan Kebun Rantauprapat di Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, sepi mencekam, Kamis (13/8/2020), setelah manajer dan beberapa karyawan kebun unit usaha PT Perkebunan Nusantara III milik BUMN itu disebut terpapar Covid-19.

Rantauprapat (SIB)
Korban pandemi coronavirus disease 2019 dikabarkan bertambah di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Setelah Manajer Kebun Rantauprapat, EZN yang terkonfirmasi Covid-19 dan sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Sri Pamela Tebingtinggi sejak 3 Agustus, tukang urut, sopir, KTU dan 2 asisten afdeling kebun tersebut juga diduga terpapar virus tersebut.

Menyusul kabar mengejutkan itu, situasi di lingkungan kebun unit usaha PT Perkebunan Nusantara III milik BUMN itu mencekam. Sejak 6 Agustus, kantor Kebun Rantauprapat sudah lockdown (ditutup). Karyawan dirumahkan dan 75 orang diisolasi mandiri di rumah masing-masing. Petugas penjaga palang juga menyebut situasi kebun semakin sepi.

"Setelah manajer terkonfirmasi positif Covid-19, sopir, tukang kusuk, KTU dan 2 asisten kabarnya juga tertular. Bisa jadi tertular dari manajer," sebut warga sekitar kebun yang enggan disebut namanya, Kamis (13/8/2020).

Katanya, warga lingkungan perkebunan sawit dan karet itu sangat khawatir penyebaran virus corona dari yang terpapar di lingkungan kebun tersebut dan sekitarnya. Apalagi karyawan serta orang-orang yang sering sama manajer, KTU, asisten, sopir dan pasien tukang urut manajer.


Bahkan termasuk Kota Rantauprapat hingga Aeknabara, yang sempat disinggahi manajer dan para bawahannya 2 pekan terakhir sebelum 3 Agustus 2020. Sebab pada hari Senin itu, manajer ikut rapat di kantor Distrik Labuhanbatu (DLAB) 3 Aeknabara, dan setelah pulang dari sana dilarikan ke rumah sakit Sri Pamela Tebingtinggi, kemudian terkonfirmasi positif Covid-19 setelah di-swab test.

Informasi yang diperoleh, hasil swab test yang dilakukan pihak medis PTPN III di RS Sri Pamela Aeknabara terhadap KTU, para asisten, karyawan dan orang-orang yang kontak erat dengan manajer, Sabtu 8 Agustus 2020, sebagian hasilnya sudah keluar, Selasa (11/8/2020).

Spesimen swab PCR yang diperiksa di laboratorium RS di Medan, dinyatakan 4 karyawan BUMN itu, positif terjangkit virus corona, sehingga sudah 5 orang terinfeksi Covid-19.

Empat karyawan Kebun Rantauprapat dimaksud, 3 berstatus karyawan pimpinan (Karpim), yakni kepala tata usaha (KTU) dan 2 asisten serta seorang sopir manajer.

"Selain 5 orang karyawan itu, tukang kusuk manajer juga disebut terpapar Covid-19. Besar kemungkinan jumlah positif Covid-19 ini akan bertambah. Karena hasil swab test lebih dari 80 karyawan Kebun Rantauprapat dan karyawan kantor DLAB 3 belum seluruhnya dikeluarkan pihak rumah sakit Medan," ujar sumber wartawan.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Kamal Ilham saat dikonfirmasi hariansib.com, mengaku belum mendapat informasi tentang hasil swab test tersebut. Katanya, hasil swab test itu baru keluar minggu depan.

"Yang saya tahu, sopir dan tukang kusuk manajer itu yang reaktif hasil rapid test. Hasil rapid test ya, bukan swab," sebut Kamal Ilham.

Setelah rapid test reaktif, kata Kamal, sopir dan tukang urut manajer tersebut dirawat inap di RS Sri Pamela Aeknabara. Setelah tiga hari dirawat, 2 pasien itu pulang karena sudah sehat.

"Mereka pulang atas saran dokter. Tapi kita menganjurkan untuk kembali melakukan isolasi mandiri. Jadi, mereka diisolasi mandiri di rumah masing-masing dan dikawal ketat petugas kita dan pengamanan kebun," sebutnya.

"Bagaimana kalian lihat situasi di kebun Rantauprapat. Sepi, kan? Mencekam, kan? Karyawannya isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dikawal, nggak boleh ke mana-mana selama 14 hari sambil menunggu hasil swab," katanya. (*)


Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Kebun RantauprapatPTPN 3manajer positif Covid-19sepi mencekam
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments