Senin, 21 Sep 2020

Tim Surveylan dan Spesimen Dinkes Sumut Tangani 6618 Sampel Covid-19

Piktor sinaga Selasa, 09 Juni 2020 21:01 WIB
SIB/piktor sinaga

MENDATA : Tim Surveylan dan spesimen Dinas Kesehatan Sumut sedang mendata spesimen  yang diambil dari ODP,  PDP dan OTG  yang akan diperiksa di laboratorium.

Medan (SIB)
Tim surveylan data dan spesiment Dinas Kesehatan Sumut terus melakukan kordinasi dengan kabupaten/kota dan rumah sakit untuk percepatan penanganan Covid-19. Salahsatunya sudah mengirimkan 4184 spesimen dan 6618 sample untuk diperiksa di laboratorium.


Seorang tim surveylan dan spesimen, Suhadi kepada hariansib.com, Selasa (9/6/2020), mengatakan, mereka bertugas mengumpulkan data ODP dan PDP serta mengirimkan spesimen Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) ke laboratorium yang ditunjuk pemerintah yakni RS USU, Departemen Mikrologi FK USU dan RSUP HAM Medan.


"Tim juga melakukan umpan balik, di mana hasil pemeriksaan laboratorium kemudian dikirim lagi ke kabupaten /kota," jelas Suhadi.


Tim yang merupakan bagian dari Gugus Tugas Covid-19 tersebut, menurut Suhadi, telah bertugas sejak awal Maret 2020. Di mana ditemukannya kasus Mers Copy yang sebelumnya diduga merupakan kasus corona.


Dalam kegiatannya, lanjutnya, tim surveylan setiap hari melakukan koordinasi ke kabupaten/kota dalam pengiriman spesimen dan swab untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium, sehingga seluruh kasus dugaan terinfeksi virus corona dapat terdata secara update.

"Hasil pemeriksaan laboratorium terhadap spesimen maupun swab akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Sumut,"ujar Suhadi. (*)
Editor: Robert/Donna

T#gs COVID-19covid 19PCRTim surveylan data dan spesimenLaboratorium
Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments