Sabtu, 04 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Berita Terkini
  • Tidak Dapat BST, Puluhan Warga Kelurahan Lestari Datangi Dinas Sosial Asahan

Tidak Dapat BST, Puluhan Warga Kelurahan Lestari Datangi Dinas Sosial Asahan

Januar Simanjuntak Rabu, 03 Juni 2020 13:55 WIB
Dok/ Januar

MEDIASI : Sekretaris Muksin MK saat memediasi beberapa perwakilan warga Kelurahan Lestari,  di aula Dinsos Asahan, Rabu (3/6/2020). 

Kisaran (SIB)
Puluhan warga Kelurahan Lestari Kecamatan Kota Kisaran Timur mendatangi Kantor Dinas Sosial Asahan, Rabu (3/6/2020), menuntut bantuan Covid-19 dari pemerintah.

Suasana sempat memanas antara seorang warga dengan Sekretaris Dinsos Muksin MK, karena diduga akan melarikan diri dari warga.

Sugiarti salah satu warga mengatakan, dirinya sebagai warga terdampak Covid-19 merasa diabaikan karena sampai saat ini belum menerima BST dari bantuan kemensos. Padahal, katanya, data telah diserahkan untuk dikumpulkan. Sementara kelurahan lain sudah menerima BST, bahkan akan masuk tahap kedua.

"Kami menuntut data kami ada tidak di Dinas Sosial ini. Karena sampai saat ini kami belum sekali pun menerima BST. Sementara kelurahan lain akan masuk tahap dua. Makanya kami meminta Dinas Sosial menunjukan data kami. Kami terdata apa tidak. Jangan pula fotocopy KK dimnta tapi kami tak kunjung menerima," katanya.

Menanggapi aspirasi warga tersebut, Muksin memediasi warga Kelurahan Lestari yang hadir ke aula Dinsos. Dalam mediasi tersebut Muksin mengatakan, kuota bantuan provinsi untuk Kelurahan Lestari sebanyak 826 paket sembako untuk 13 lingkungan.

Jadi, katanya, kalau salah satu warga sudah menerima bantuan sembako dari provinsi, tidak boleh lagi menerima bantuan yang lainnya.

Terkait bantuan sosial tunai (BST), sebutnya lagi, penerima untuk di Kelurahan Lestari hanya 1 orang dari Kantor Pos. Sedangkan 19 orang penerima lainnya melalui rekening bank.

Disebutkannya lagi, Dinsos Kabupaten Asahan telah mengusulkan sebanyak 67.000 penerima bantuan. Tetapi yang terealisasi hanya 29.000 penerima. Hal tersebut dikarenakan pihak Kemensos sendiri yang menentukan si penerima.

Dijelaskannya, warga yang belum mendapat bantuan apa pun diharap tidak kecewa. Sebab, Pemerintah Kabupaten Asahan telah menyediakan anggaran sebesar Rp 47 M untuk warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan. Oleh karenanya, pastikan seluruh warga telah terdaftar di kelurahan masing-masing guna penyaluran bantuan dalam waktu dekat.

"Saat ini kami sedang memproses bantuan dari Pemerintah Kabupaten Asahan bagi warga yang terdampak Covid-19. Maka itu, pastikan data anda terdaftar di kelurahan masing-masing guna pemudahan penyaluran. Tapi ingat, ini berlaku bagi yang belum mendapat bantuan sama sekali dari mana pun. Jadi kalau sudah dapat dari kemensos dan provinsi tidak bisa dapat lagi," pungkasnya. (*)



Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs bantuan BST Kemensosdinas sosial asahanKabupaten Asahankelurahan Lestari
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments