Kamis, 01 Okt 2020

Tidak Boleh Ganti Foto KTP di Disdukcapil Labuhanbatu

Efran Simanjuntak Senin, 10 Agustus 2020 14:03 WIB
Dok /Sahnan Siahaan

Sahnan Siahaan 

Rantauprapat (SIB)
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, tidak melayani permohonan ganti foto pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Masyarakat yang ingin ganti foto mengeluhkan penutupan layanan ganti foto di Disdukcapil tersebut.

Kepala Disdukcapil Labuhanbatu melalui Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Sahnan Siahaan menyebut aplikasi itu sudah 1 tahun ditutup Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri. Aplikasi ganti foto KTP-elektronik dan dokumen kependudukan lain, katanya, ditutup Kemendagri untuk menghindari perubahan "wujud" teroris dalam KTP-el.

"Untuk sementara tidak boleh ganti foto KTP. Aplikasinya sudah ditutup pusat (Kemendagri). Sudah ada setahun aplikasinya ditutup," kata Sahnan Siahaan saat ditemui harian SIB, Senin (10/8/2020), di kantor Disdukcapil Labuhanbatu, Jalan Meranti Rantauprapat.

Dia juga mengakui banyak masyarakat mengeluhkan hal tersebut. Misalnya, foto awal perekaman KTP elektronik tidak memakai hijab, namun setelah menikah jadi pakai hijab dan mau mengganti fotonya pada KTP. Kemudian, wanita mualaf (masuk muslim) dan sebaliknya.

"Banyak yang mengeluh memang. Ya, tapi untuk sementara foto lama dululah yang dipakai. Karena saya yakin ini hanya untuk sementara," sebut Sahnan.

Sebelumnya, pada prinsipnya penggantian foto pada KTP elektronik bisa dilakukan dengan cara mengajukan permohonan penghapusan foto pada data center di Jakarta melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Setelah dipastikan foto di data center dihapus, pemohon melakukan foto ulang di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kemudian petugas pelayanan mencetak KTP-el dan encoding, sehingga foto baru masuk ke data center Kemendagri di Jakarta. (*)


,
Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs KTP elektronikdisdukcapil labuhanbatuganti foto KTP
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments