Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ton Bawang Merah Asal LN

Pally S Sabtu, 23 Mei 2020 22:28 WIB
SIB/Dok

Diamankan : Petugas TNI AL mengamankan kapal motor bermuatan puluhan ton bawang merah selundupan, dalam kondisi kandas di kawasan perairan Air Masin, Aceh Tamiang, Sabtu (23/5/2020).

Belawan (SIB)
Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Lantamal I menggagalkan penyelundupan puluhan ton bawang merah asal luar negeri (LN), diangkut Kapal Motor (KM) Arafah GT 15, berbendera Indonesia.

Kapal motor bermuatan bawang merah ilegal diduga berasal dari Malaysia tersebut ditangkap petugas TNI AL di perairan Air Masin Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (23/5/2020) malam.

Danlantamal I, Laksma TNI Abdul Rasyid, melalui siaran persnya yang diterima wartawan, Sabtu sore, mengatakan, sesuai keterangan Danlanal Lhoksemawe, Letkol Laut (P) Dimmi Qumry, penangkapan kapal motor bermuatan bawang merah kurang lebih 25 ton itu berawal dari informasi masyarakat.

Selanjutnya, Tim F1QR Lanal Lhoksemawe melakukan pengintaian serta pengejaran terhadap kapal motor yang dicurigai saat melintas di perairan Air Masin, Aceh Tamiang.

Walaupun pihak TNI AL telah mengimbau dengan menggunakan cahaya agar kapal tersebut berhenti, namun nahkodanya justru mencoba kabur dengan menambah kecepatan kapal.

Sampai akhirnya kapal motor yang sempat megeluarkan asap hitam tersebut ditemukan dalam kondisi kandas di sekitar hutan bakau. Saat itu terlihat 3 ABK melarikan diri menggunakan kapal berukuran kecil, diduga kapal pemandu pihak penyelundup.

Disebutkan, hingga Sabtu malam, proses penarikan kapal motor bermuatan bawang merah selundupan ke Pos Pengamatan (Posmat) TNI AL Langsa masih berlangsung.

Danlantamal juga mengatakan, pada perayaan Idul Fitri 1441 H, mengantisipasi berbagai tindak kejahatan di laut baik penyelundupan barang maupuan TKI ilegal yang akhir-akhir semakin marak, Lantamal I dan jajarannya tetap melaksanakan patroli rutin. TNI AL juga akan menindaklanjuti sekecil apapun informasi yang berasal dari masyarakat.

Terhadap KM Arafah, akan dilakukan protokol atau prosedur tetap dalam penanganan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan. Setelah dilalukan pemeriksaan muatan untuk mengetahui lebih detail, muatan bawang merah selundupan itu akan diserahkan kepada Bea Cukai.(*)
Editor: Donna Hutagalung

T#gs Aceh TamiangBea CukaiDanlantamal ILaksma TNI Abdul RasyidTNI AL amankan kapal bermuatan bawang merah selundupan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments