Minggu, 20 Sep 2020

Sudah 56 Nakes RSUD Rantauprapat Diswab

Efran Simanjuntak Kamis, 10 September 2020 21:45 WIB
Foto SIB/Efran Simanjuntak
RSUD Rantauprapat
Rantauprapat (SIB)
Sudah 56 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Labuhanbatu, di-test Swab PCR. Test swab dilakukan sejak kemarin, karena adanya dokter, perekam medis dan perawat rumah sakit milik Pemkab Labuhanbatu itu terkonfirmasi positif SARS CoV-2.

"Hari ini 44 Nakes yang kontak dengan dokter, perekam medis dan perawat yang terkonfirmasi positif Covid-19 di-test swab," kata Humas RSUD Rantauprapat, Dony Simamora, saat dikonfirmasi hariansib.com melalui WhatsApp, Kamis (10/9/2020).

Spesimen lendir orang-orang yang kontak dengan korban pandemi Covid-19 itu diambil untuk diperiksa di laboratorium, Medan.

Pemeriksaan PCR swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan. Dua area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan diri. Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat, sebab virus corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh.

Dony berharap teman sejawatnya dan dokter dr CA SpPD KGH segera sembuh dari virus tersebut. Ia juga berharap tidak ada lagi yang positif, teman-temannya yang di-swab test.

"Sesuai data hasil tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran), siapa saja yang kontak dengan mereka (dokter, perawat dan perekam medis), di-swab test untuk memutus mata rantai penularan," sebutnya.

Ia juga berharap dukungan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan, dorongan semangat dan doa untuk kesembuhan nakes RSUD Rantauprapat yang sedang berjuang untuk sembuh dari virus corona.

Direktur RSUD Rantauprapat, dr HM Safril RM Harahap, saat dikonfirmasi wartawan terkait nakes yang terpapar Covid-19, menyebut pelayanan di rumah sakit itu tetap seperti biasa.

Masyarakat yang berobat dan keluarga pasien yang datang membesuk, diimbau mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker dan menjaga jarak untuk menghindari penularan, tertular atau menularkan. (*)

Editor: [email protected]

T#gs Kabupaten Labuhanbatu Swab PCRRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments