Kamis, 06 Agu 2020

Sofyan Tan Salurkan Bantuan APD ke RSUD Djasamen Saragih

Donma Hutagalung/rel Senin, 06 Juli 2020 21:45 WIB
Dok/Tim Sofyan Tan

SERAHKAN BANTUAN : Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan menyerahkan bantuan APD baju hazmat kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Pematangsiantar, Senin (6/7/2020). 

Medan (SIB)
Upaya membantu penanganan Corona di Sumatera Utara (Sumut) masih terus dilakukan anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan. Senin (6/7/2020) pagi, giliran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Pematangsiantar.

Didampingi Staf Ahli Finche Kosmanto, Sofyan Tan menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat.

"Ini merupakan bagian dari bantuan aspirasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang disalurkan melalui kami," ujar Sofyan Tan seusai penyerahan bantuan di RSUD Djasamen Saragih, Senin (6/7/2020).

Sofyan menyebutkan, ada alasan bantuan diberikan kepada rumah sakit milik Pemerintah Kota Pematangsiantar ini.

"Selain memang menjadi Rumah Sakit rujukan corona, RSUD ini juga rumah sakit pendidikan dari Universitas Methodis Indonesia (UMI) Medan, sehingga wajib kita bantu," sebut Sofyan.

Di samping alasan tersebut, lanjut Sofyan, ada alasan khusus kenapa bantuan ia menyalurkan bantuan ke RSUD Djasamen Saragih.

"Saya pernah coass di sini 37 tahun lalu. Ada banyak cerita yang sedikit banyak menempa saya hingga menjadi seperti sekarang ini," katanya.

Direktur Utama RSUD Djasamen Saragih dr Ronald Saragih menyambut baik dan sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan.

"Apalagi saat ini kami masih ada merawat 21 orang pasien dalam pengawasan yang 4 orang di antaranya dirawat di ruang isolasi," ujar Ronald Saragih.

Sebagai rumah sakit pendidikan kata Ronald, pihaknya masih membutuhkan bantuan peralatan.

"Yah semacam alat-alat praktek laboratorium, seperti manekin," kata Ronald didampingi Wakil Direktur I, Harlen Saragih.


Salurkan Bantuan ke RS Vita Insani

Selain ke RSUD Djasamen Saragih, bantuan serupa juga diberikan Sofyan Tan kepada RS Vita Insani Pematangsiantar.

Rumah sakit ini dinilai layak menerima bantuan karena cukup sering menerima pasien dengan gejala Covid-19, meski pada akhirnya pasien tersebut dirujuk ke RSUD Djasamen Saragih mau pun RSUD Perdagangan, Simalungun.

"Karena itu sudah seharusnya dokter-dokter di rumah sakit ini mendapat perhatian," sebut Sofyan Tan.

Mendapatkan bantuan ini, Direktur RS Vita Insani Alpin Hoja mengatakan sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan.

"Sebagai pengelola rumah sakit yang berada di zona merah, tentunya kami berkewajiban melindungi tenaga medis kami. Karena itu, kami sangat berterima kasih," sebut Alpin Hoza.

Secara keseluruhan, Sofyan Tan sudah menyalurkan bantuan aspirasi Kemendikbud ke RS Pendidikan USU, RS Tentara Putri Hijau dan juga RSUD Djasamen Saragih. (*)


Editor: [email protected]

T#gs DPR RIRS Vita InsaniRSUD Djasamen SaragihSofyan Tanbantuan APD
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments