Senin, 21 Sep 2020

Siswa Belajar di Atas Pohon Dibahas Panja DPRD Simalungun

Jheslin M Girsang Kamis, 06 Agustus 2020 17:39 WIB
SIB/Jheslin M Girsang

PARAT PANJA: Anggota Panitia Kerja (Panja) DPRD Simalungun Maraden Sinaga meminta Dinas Pendidikan Simalungun segera mengatasi kendala pada proses pembelajaran secara online (daring) pada rapat Panja di Gedung DPRD Simalungun, Kamis (6/8/2020). 

Simalungun (SIB)
Anggota Panitia Kerja (Panja) DPRD Simalungun Maraden Sinaga meminta Dinas Pendidikan Simalungun segera mengatasi kendala pada proses pembelajaran siswa secara online (daring).

"Koneksi internet menjadi masalah paling krusial dalam belajar daring. Di masa pandemi Covid-19 ini, apa yang dilakukan Dinas pendidikan untuk mengatasi jaringan sinyal," kata Maraden saat rapat Panja bersama lembaga eksekutif di Gedung DPRD Simalungun, Kamis (6/8/2020).
Sebagaimana diketahui, pelajar di Dusun Bornoh, Desa Siporkas, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, terpaksa naik rumah pohon untuk mendapatkan koneksi internet belajar daring.

Maraden menyebut, kendala jaringan internet harus dibenahi agar siswa dapat belajar daring dengan baik, sehingga tidak perlu sampai memanjat pohon.

Selain masalah internet, Maraden juga mengatakan cukup banyak pelajar yang tidak nemiliki handphone android sebagai pendukung belajar online.

Kepala Dinas Pendidikan Simalungun Elfiani Sitepu menyatakan siswa belajar daring di atas pohon sudah menjadi viral di media sosial. Oleh karenanya diupayakan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam melengkapi koneksi internet.

"Kami akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait supaya jangan sampai panjat-panjat pohon," ujar Elfiani.

Dijelaskan, ada 2 metode pembelajaran siswa di masa pandemi Covid-19 yaitu, daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Menurutnya, penerapan daring mempertimbangkan koneksi internet, medan tempat tinggal dan kesiapan siswa apakah memiliki android atau tidak.

"Jika tidak punya android dan tidak ada sinyal internet maka diberlakukan luring. Dalam proses belajar mengajar luring, guru mendatangi rumah siswa," urai Elfiani. (*)
Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs dinas pendidikan simalungunPanitia Kerja (Panja) DPRD Simalungunsimalungunproses pembelajaran siswa secara online (daring).
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments