Minggu, 09 Agu 2020

Seorang Warga Positif Covid-19, Kasus Pertama di Humbahas

Frans Simanjuntak Rabu, 17 Juni 2020 11:51 WIB
humas kaltara

Ilustrasi

Humbahas (SIB)
Seorang warga Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dinyatakan positif virus corona Covid-19 hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Kasus ini merupakan yang pertama di kabupaten yang beribukotakan Doloksanggul itu.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbahas yang juga Sekdakab Humbahas, Tonny Sihombing ketika dihubungi hariansib.com, Selasa (16/6/2020) malam, membenarkan adanya seorang warga Humbahas yang dinyatakan positif Covid-19.

Dia mengatakan, sesuai dengan laporan Direktur RSUD Doloksanggul dr Netty Iriani Simanjuntak, warga yang terinfeksi Covid-19 itu berinisial LM (50) warga Kecamatan Tarabintang.

Pasien LM diketahui mengidap sakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan sudah pernah menjalani tes swab PCR dan hasilnya negatif. Namun pada 2 Juni lalu, pasien berobat jalan ke RSUD Doloksanggul dan dirujuk ke salahsatu rumah sakit di Pematangsiantar.

"Sesuai keterangan Direktur RSUD Doloksanggul, pasien mengidap sakit DBD dan berobat lanjutan. Dan saat dirujuk ke Rumah Sakit di Pematangsiantar pada 2 Juni, pasien tidak ada gejala terinfeksi Covid-19," kata Tonny.

Ditambahkan, sejak 2 Juni lalu hingga saat ini, pasien dirawat di rumah sakit di Pematangsiantar. Dan baru diketahui terinfeksi Covid-19 dari keluarga pasien pada 15 Juni 2020.

"Informasinya baru kita ketahui semalam dari keluaraga. Kita bukan menutup-nutupi kasus ini. Karena memang yang melakukan tes swab PCR kepada pasien bukan kita. Kita hanya menerima informasi saja. Dan menindaklanjuti kabar itu, kita langsung mentracking dan melakukan rapid test kepada seluruh petugas RSUD Doloksanggul yang melakukan kontak dengan pasien. Hasilnya non reaktif," kata Tonny.

Dengan adanya informasi itu, dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker. (*)
Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs DoloksanggulGugus Tugas Covid-19Gugus Tugas Covid 19HumbanghasundutanSekdakab HumbahasTonny Sihombingseorang warga positif Covid-19 pertama di Humbahasseorang warga positif Covid 19 pertama di Humbahas
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments