Sabtu, 15 Agu 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Sekeluarga Warga Desa Parbuluan 2 Dairi Lima Tahun Tinggal di Tenda Biru

Sekeluarga Warga Desa Parbuluan 2 Dairi Lima Tahun Tinggal di Tenda Biru

Tulus Tarihoran Selasa, 30 Juni 2020 19:28 WIB
Foto/SIB Tulus Tarihoran
TENDA BIRU: Keluarga Agus Salim Sitompul (54) dan istrinya Kandance br Situmorang (52) tinggal di  rumah tenda biru sejak 2015 di Tombak Lumban Julu Desa Parbulun 2, Dairi.
Sidikalang (SIB)
Satu keluarga di Tombak Lumban Julu Dusun 1 Desa Parbuluan 2, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi terpaksa tinggal di gubuk berlantai tanah, beratap dan berdinding tenda biru.

Keluarga Agus Salim Sitompul (54) dan istrinya Kandance br Situmorang (52) bersama dengan 6 orang anaknya, sudah mendiami 'tenda biru' dengan ukuran 4 meter kali 5 meter berlantai tanah sejak tahun 2015 lalu.

Agus Salim Sitompul didampingi istrinya, Selasa (30/6/2020) mengatakan, terpaksa tinggal di tenda biru tersebut, karena tidak memiliki uang untuk membangun rumah. Rumah tidak layak huni itu, tidak memiliki kamar. Mereka tidur bersama anak-anaknya beralaskan papan dan tikar.

Sitompul dan istrinya mengaku hanya sebagai 'Parari-ari' (buruh tani) dengan upah Rp 60 ribu per hari. Upah mereka hanya cukup untuk kebutuhan sehari- hari dan kebutuhan sekolah. "Tidak ada uang untuk membangun rumah, kami hanya buruh tani di ladang orang. Memenuhi kebutuhan keluarga dan anak sekolah sudah syukur," ungkap Sitompul.

Tanah yang mereka diami merupakan pemberian dari saudara laki- laki istrinya. Lahan memang cukup, tetapi tidak ada modal untuk bertani. Pasangan suami istri itu harus menempuh belasan kilo meter ke Hariara Pintu Kabupaten Samosir sebagai buruh tani.

Dengan kondisi itu, keluarga Sitompul tetap memprioritaskan pendidikan. Dua dari enam anaknya sudah kuliah di Unimed dan USU. Sementara adik-adiknya masih SMA dan SD.

"Fokus perjuangkan anak sekolah. Biarlah ditahankan rumah dengan kondisi itu, yang penting anak bisa sekolah dan bisa mencapai cita-citanya. Dengan pendidikan bisa mengangkat perekonomian keluarga kelak," ungkap Kandance menambahkan.(*)

Editor: [email protected]

T#gs Rumah tidak layak huni gubuk berlantai tanahDesa Parbuluan 2
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments