Sabtu, 15 Agu 2020

Satu Warga Rantauprapat Positif Terpapar Corona, Dirawat di Medan

Efran Simanjuntak Minggu, 12 Juli 2020 19:18 WIB
Foto Dok/Kamal Ilham
Kamal Ilham 
Rantauprapat (SIB)
Satu orang warga Rantauprapat dikabarkan terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19). Pria berusia 22 tahun 3 bulan itu disebut saat ini dirawat intensif di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Murni Teguh, Medan.

Korban pandemi Covid-19 itu terkonfirmasi berinisial, SHD, penduduk Jalan Istiqomah Kampung Sawah, Kelurahan Padangbulan, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

Informasi yang diperoleh SIB, Minggu (12/7/2020) sore, hasil pemeriksaan Laboratorium Mikrobiologi dan Biomolekulres RSU Murni Teguh Medan, terhadap bahan Swab Nasofaring dan Orofaring 1 yang diterima 7 Juli 2020 dan hasilnya keluar 8 Juli, menunjukkan positif SARS-CoV.2.

“Benar. Kita sudah dapat informasi itu dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu. Saat ini yang bersangkutan dirawat di Medan,” kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Labuhanbatu, Rajid Yuliawan, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (12/7/2020).

Rajid menjelaskan, surat pemberitahuan dari RSU Murni Teguh ke Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Swab Nasofaring dan Orofaring atas nama SHD yang diperiksa 7 Juli dan hasilnya diperoleh 8 Juli yang ditandatangani Penanggungjawab RSU Murni Teguh Medan.

Setelah menerima surat itu, tambah Plt Kadis Kominfo itu, tim Dinas Kesehatan Labuhanbatu melakukan Rapid Test terhadap keluarga pasien tersebut di Kampung Sawah Rantauprapat, Sabtu (11/7/2020).

"Kami mengimbau masyarakat jangan panik, namun tetap menjaga kesehatan, menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dan selalu menjaga jarak, walaupun Labuhanbatu dinyatakan zona hijau dan memasuki New Normal,” sebut Rajid.

Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Kamal Ilham menjawab konfirmasi hariansib.com, membenarkan SHD terpapar Covid-19 dan sedang dirawat di RSU Murni Teguh Medan.

"SHD belakangan ini tinggal di Medan karena kuliah di salahsatu perguruan tinggi di Medan. "Orangtua dan keluarganya di Kampung Sawah sudah kita Rapid Test, hasilnya nonreaktif," sebutnya. (*)

Editor: [email protected]

T#gs Kamal Ilham RSU Murni Teguh bahan Swab terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19)Rantauprapat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments