Kamis, 13 Agu 2020

Ratusan TKI Dari Malaysia Jalani Karantina di Lanud Soewondo

Aperilman Rambe Kamis, 09 April 2020 20:35 WIB
Foto SIB/Aperilman Rambe

TKI: Turun dari bus, para TKI berbaris untuk disemprot disinfektan, dicek suhu tubuh sebelum masuk ke ruangan yang telah disiapkan di Lanud Soewondo Medan, Kamis (9/4/2020). 

Medan (SIB)
Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara (Sumut) yang dipulangkan dari Malaysia menjalani karantina di Lanud Soewondo Medan, Kamis (9/4/2020).
Pantauan hariansib.com di Lanud Soewondo Medan, para TKI itu tiba sekitar pukul 17.15 WIB, menumpang empat bus dari Bandara Kualanamu.

Turun dari bus, mereka diarahkan berbaris menuju ruangan yang telah disiapkan. Mereka juga disemprot disinfektan, suhu tubuh diperiksa, mencuci tangan lalu mengambil makanan serta perlengkapan mandi.

Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto mengatakan, mereka membuat lokasi awal karantina untuk para TKI setelah ada koordinasi dengan Pemprov Sumut. Menurutnya, ada 524 orang TKI yang tiba di Sumut hari ini.

"Kita mendapatkan informasi dari Kedutaan Malaysia ada 524 TKI dari Kuala Lumpur ke Medan. Itu terbagi empat penerbangan. Hari ini, tanggal 9 April ada dua penerbangan, dan besok Jumat (10/9/2020) dua penerbangan lagi," sebutnya.

Yudanto juga menyebutkan ada dua lokasi untuk penampungan awal para TKI tersebut. Satu di Lanud Soewondo dan satu lagi di Lubukpakam Kabupaten Deliserdang.

"Penerbangan pertama tadi pagi membawa 134 TKI ditampung di Kabupaten Deliserdang, sedangkan penerbangan kedua membawa 136 TKI ditampung di Lanud Soewondo," ujarnya.

Danlanud juga menuturkan para TKI tersebut akan dikarantina beberapa hari. Nantinya mereka akan dijemput oleh pemerintah daerah asal masing-masing.

"Mereka kita tampung hanya sementara. Di sini hanya dua sampai empat hari. Nanti masing-masing kepala daerah menjemput warganya di sini," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, semua logistik untuk para TKI dan petugas keamanan telah disiapkan Dinas Sosial Sumut.

"Makan tiga kali sehari serta peralatan kesehatan sudah didukung di sini," kata Yudanto.

Ia juga mengatakan kebutuhan lainnya juga sudah dipenuhi, seperti tempat tidur, selimut dan bantal, kipas angin, tempat untuk mandi dan MCK.

"Kebutuhan sehari-hari yang mereka butuhkan juga sudah dipenuhi. Termasuk untuk besok pagi akan diadakan olahraga. Jadi mereka akan kita buat tidak merasa jenuh tinggal di sini," kata Yudanto.(*)

Editor: Wilfred Manullang

T#gs Danlanud SoewondoKolonel Pnb Meka Yudantokarantina tkiLanud Soewondo
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments