Minggu, 27 Sep 2020

RSUD Deliserdang Kini Miliki Alat Pemeriksaan PCR Covid-19

Jekson Turnip Kamis, 09 Juli 2020 13:27 WIB
Foto dok/Humas RSUD Deliserdang
PCR: RSUD Deliserdang telah memiliki mesin PCR untuk memeriksa atau mendiagnosa pasien Covid-19 di Lubukpakam, Kamis (9/7/2020).
Lubukpakam (SIB)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deliserdang kini memiliki alat pemeriksaan PCR atau polymerase chain reaction. PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus. PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

"Kami dari RSUD Deliserdang dengan ini menginformasikan bahwa kami sudah memiliki dan mengaktifkan pemeriksaan PCR. Real time dengan kapasitas 100 sample per hari," kata Direktur RSUD Deliserdang dr Hanif Fahri SpKj, Kamis (9/7/2020).

Disebutkan, dengan adanya alat tersebut untuk sementara pihaknya hanya melayani kebutuhan Kabupaten Deliserdang dan sekitarnya. Khususnya untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang sulit memeriksa swab di RS USU maupun RS pemilik PCR yang ditunjuk pemerintah.

Menurut dokter spesialis jiwa itu, mesin PCR milik RSUD Deliserdang tersebut telah masuk dalam jaringan laboratorium covid nasional. Kemudian telah terintegrasi data dengan Balitbang Depkes RI.

Bagi tenaga medis, tambah dr Hanif, yang saat ini merawat pasien tetapi belum dapat menegakkann diagnosisi positif Covid-19 karena keterbatasan proses swab dan PCR, maka dapat menghubungi dr Asriludin Tambunan MKed SpPD atau Wadir Pelayanan dan Ketua Tim Medis Penanganan covid-19 RSUD Deliserdang.

Soal harga rapid test, dr Hanif menegaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan surat edaran Kemenkes, dengan maksimal harga Rp 150.000.(*)

Editor: [email protected]

T#gs covid-19 covid 19 PCR dr Hanif Fahri SpKjRSUD Deliserdang
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments