Senin, 21 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Positif Covid-19 di Sergai Masih Terus Bertambah, 2 ASN Positif Corona

Positif Covid-19 di Sergai Masih Terus Bertambah, 2 ASN Positif Corona

Rimpun H Sihombing Jumat, 17 Juli 2020 18:33 WIB
Foto Dok/Diskominfo Sergai
Drs H Akmal MSi 
Sergai (SIB)
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) masih terus bertambah. Hal ini dibuktikan dengan kembali dinyatakannya 3 orang warga Sergai terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

"Dua dari 3 warga yang baru dinyatakan positif Covid-19 merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di fasilitas kesehatan (Faskes) di Kecamatan Sipispis. Masing-masing berjenis kelamin perempuan dan laki-laki, berusia 40 dan 30 tahun, warga Kecamatan Sipispis dan Seibamban. Yang ketiga, seorang laki-laki berusia 30 tahun, warga Kecamatan Seirampah, bekerja di salahsatu bank kantor cabang pembantu di Kecamatan Telukmengkudu," ungkap Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, H Akmal, Jumat (17/7/3020) sore, di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Komplek Kantor Bupati Sergai di Seirampah.

Akmal menjelaskan, sesuai informasi yang diperoleh dari Kadis Kesehatan Sergai, Bulan Simanungkalit, ketiga pasien merupakan warga yang sebelumnya masuk dalam daftar tracing akibat kontak erat dengan orang yang sudah lebih dulu dinyatakan positif Covid-19.

Kedua ASN tersebut menjalani PCR test pada tanggal 9 Juli 2020, setelah masuk dalam daftar tracing dari seorang dokter gigi yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19. Pada 16 Juli, Dinkes Provinsi Sumatera Utara (Provsu) mengonfirmasi jika hasil tes keduanya positif Covid-19.

"Sejak 9 Juli, kedua pasien sudah diarahkan menjalani isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil PCR test dirilis. Dan sampai hari ini, keduanya dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala sakit apapun," ujarnya.

Sedangkan untuk pasien dari Kecamatan Seirampah, tambah Akmal, yang bersangkutan masuk dalam daftar kontak erat salah seorang pegawai bank yang suaminya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Kemudian pada 6 Juli, yang bersangkutan melakukan rapid test di Puskesmas Sialangbuah dengan hasil reaktif, dan dilanjutkan pengambilan sampel swab oleh Dinas Kesehatan Sergai untuk PCR test pada 8 Juli. Dan pada 16 Juli, hasil PCR test dirilis dan yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.

"Mulai 8 Juli, yang bersangkutan sudah diarahkan untuk isolasi mandiri dan sampai hari ini tidak menunjukkan gejala sakit. Saat ini, ketiga korban sedang dalam proses rujukan ke rumah sakit untuk diisolasi dan mendapat tindakan medis,” jelas Akmal.

Kadis Kominfo Sergai ini lebih lanjut menjelaskan, dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, menjadikan jumlah warga Sergai positif Covid-19 mencapai 30 orang dengan rincian, 1 orang meninggal dunia, 14 orang dinyatakan sembuh dan 15 orang masih dalam proses isolasi dan perawatan.

"Masyarakat tidak perlu panik, namun harus tetap waspada dalam menjalankan setiap aktivitas. Mari kita terus saling mengingatkan satu sama lain untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," imbau Akmal. (*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs ASN Positif Corona test PCRgustu covid-19 sergaiGustu covid 19 sergai
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments