Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Pencopotan Kadis Dukcapil Sibolga Dinilai Tidak Memedomani Permendagri

Pencopotan Kadis Dukcapil Sibolga Dinilai Tidak Memedomani Permendagri

Helman Rabu, 08 April 2020 19:33 WIB
Foto: SIB/Dok
Ahmad Sulhan Sitompul
Tapteng (SIB)
Pencopotan Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sibolga, H Ahmad Sulhan Sitompul dinilai tidak memedomani Permendagri Nomor 76 Tahun 2015, salahsatunya mengharuskan ada SK Kemendagri.

Ahmad Sulhan Sitompul diberhentikan dari jabatan Kadis Dukcapil berdasarkan Surat Perintah Tugas (SPT) Wali Kota Sibolga, Nomor 821.29 /635 /BKD tertanggal 1 April 2020 dan menunjuk Amarullah Gultom yang juga menjabat Kepala BKD Sibolga sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Padahal SK Mendagri belum ada.

Kadis Dukcapil Sumatera Utara Ismail Sinaga melalui telepon, Rabu (8/4/2020), mengaku sudah mendapat kabar pergantian tersebut, tetapi secara administratif belum ada. Ia mengakui dalam Permendagri Nomor 76 Tahun 2015 harus ada SK Mendagri dalam pergantian kepala dinas.

Ismail mengatakan, pergantian Ahmad Sulhan Sitompul sedang ditangani Dirjen Dukcapil Kemendagri. Informasi tersebut, katanha, diperoleh dari ajudan Dirjen.

“Jadi karena sedang ditangani mereka, kita tunggulah dari Dirjen Dukcapil. Hanya saja, kalau terkait perubahan pejabat di Dukcapil itu jelas harus memedomani Permendagri Nomor 76 Tahun 2015 itu bahasa dari peraturan,” kata Ismail.

Sementara Kepala BKD Sibolga Amarullah Gultom belum dapat dikonfirmasi terkait pergantian H Ahmad Sulhan Sitompul sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sibolga.

Sekedar informasi, Ahmad Sulhan Sitompul merupakan bakal calon (balon) Wali Kota Sibolga pada Pilkada 2020. Dia berpasangan dengan Edward Siahaan dari jalur perseorangan.(G04)


Editor: Donna Hutagalung

T#gs Ismail SinagaKadis Dukcapil Sumatera UtaraPencopotan Kadis Dukcapil Sibolga Dinilai Tidak Memedomani PermendagriSibolga
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments