Minggu, 05 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Berita Terkini
  • Pemkab Nias Barat Keluarkan Rp 600 Juta untuk Biaya Distribusi Bansos Pemprov Sumut

Pemkab Nias Barat Keluarkan Rp 600 Juta untuk Biaya Distribusi Bansos Pemprov Sumut

Putra Nainggolan Kamis, 04 Juni 2020 21:39 WIB
Foto Dok/Fakhili Gulo

Fakhili Gulo

Nias Barat (SIB)
Untuk menyalurkan bantuan sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemprov Sumut, Pemkab Nias Barat (Nisbar) harus mengeluarkan dana sekitar Rp 600 juta untuk biaya distribusi karena belum jelas dari mana sumber dana untuk itu.

Sekda Nias Barat Fakhili Gulo kepada hariansib, Kamis (4/6/2020) menyampaikan bahwa anggaran per paket yang ditransfer dari Pemprov sebesar Rp 225 ribu ditambah Rp 27 juta untuk biaya pengangkutan. Sementara pihaknya harus menyiapkan gudang, biaya pengepakan dan biaya pengangkutan dari gudang ke desa.

"Kita sudah gunakan dana gugus tugas kabupaten sekitar Rp 600 juta untuk biaya distribusi karena dari provinsi belum ada pembayaran. Belum tahu apakah uang itu akan dibayarkan atau tidak,"terangnya.

Fakhili menjelaskan pihak Pemprov Sumut mentransfer uang kepada gugus tugas Nisbar untuk pengadaan paket bantuan pangan sebayak 14.568. Gustu Nisbar bekerjasama dengan Bulog untuk pengadaan bantuan pangan itu.

Dari dana itu Gustu membelanjakan item bantuan pangan antara lain beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 2 kg, susu 1 kaleng dan mi instan 20 bungkus dengan harga Rp 220 ribu. Sementara sisanya Rp 5 ribu per paket belum jelas apakah harus dikembalikan atau bisa digunakan sebagai biaya distribusi.

Tim gugus saat ini dikatakan tengah menyiapkan laporan realisasi penyaluran yang akan segera disampaikan ke Provinsi untuk mendapat arahan selanjutnya. Sekda berharap biaya pengeluaran Rp 600 juta itu dapat segera dibayarkan oleh provinsi agar dapat disalurkan kepada warga Nisbar yang terdampak Corona. (*)


Editor: Robert Banjarnahor

T#gs anggaran menyalurkan bantuan pengadaanNias Barat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments