Jumat, 02 Okt 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Pemkab Nias Barat Diminta Jelaskan Biaya Angkut Bansos Provinsi yang Membengkak

Pemkab Nias Barat Diminta Jelaskan Biaya Angkut Bansos Provinsi yang Membengkak

Riswan H Gultom Kamis, 23 Juli 2020 21:04 WIB

Ketua HIPNI, Petrus Gulo SE

Nias Barat (SIB)
Pemkab Nias Barat diminta menjelaskan ke publik soal mahalnya biaya angkut bansos Provinsi Sumut yang didistribusikan dari pusat Kota Gunungsitoli ke 105 desa di Nias Barat (Nisbar), bulan lalu.

Ketua Himpunan Pemuda Nias Indonesia (HIPNI), Petrus Gulo, Kamis (23/7/2020), yang menyoroti hal itu mengatakan, bantuan sembako Pemrov Sumut ke Nisbar, membantu masyarakat terimbas Covid-19 sebanyak 14.568 paket dengan berat per paket sekitar 15 Kg.

Menurut dia, sewa truk per hari sampai ke desa terjauh paling mahal Rp 2 juta, sehingga jasa truk untuk 105 desa akan menghabiskan biaya angkut Rp 210 juta.

Petrus mengaku heran, sesuai penjelaskan Pemkab dalam sejumlah kesempatan, biaya angkut bansos dari kantor Bulog Gunungsitoli ke Nisbar menghabiskan dana hingga Rp 600 juta.

"Kita sangat heran, perkiraan kita biaya angkut Rp 210 juta sudah sangat banyak, apalagi muatan per truk hanya 2 ton lebih. Biaya apa lagi yang dibuat hingga mencapai Rp 600 juta," katanya.

Ia pun mendesak Pemkab Nisbar menjelaskan ke publik hal tersebut menjaga kritik warga yang terus berlanjut di masa masa sulit saat ini. "Pemkab harus jelaskan detailnya. kalau tidak masyarakat terus bertanya," katanya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nisbar, Filipo Daeli mengatakan, biaya tersebut sesuai yang dibayarkan kepada pihak jasa angkut. Namun, ia tidak bersedia merinci.

Filipo juga mengaku lupa jumlah bansos, serta tidak begitu tahu berapa armada yang mengangkut.

Pada berita hariansib.com sebelumnya, Sekda Nisbar, Profesor Fakhili Gulo mengakui, pihaknya telah menggunakan anggaran daerah Rp 600 juta untuk biaya angkut bansos provinsi sebab Provinsi Sumut belum memberikan biaya angkut. (*)
Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Filipo DaeliHIPNIHimpunan Pemuda Nias IndonesiaKepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NisbarPemkab Nias Baratbiaya angkut bansos
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments