Kamis, 06 Agu 2020

Paskibra Terpilih Labusel Terancam Batal Tampil

Rudi Afandi Simbolon Minggu, 12 Juli 2020 19:20 WIB
suluhsumatera.co.id

Ilustrasi pasukan pengibar bendera (Paskibra)

Kotapinang (SIB)
Sebanyak 70 calon anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang telah lulus seleksi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel), untuk pelaksanan upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 75, belum dapat dipastikan akan tampil pada 17 Agustus mendatang.

Hal itu menyusul telah diterbitkannya Pedoman Peringatan HUT ke 75 Kemeredekaan Republik Indonesia tahun 2020 oleh Menteri Sekretaris Negara, pada 6 Juli 2020.

Dalam surat bernomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 itu disebutkan, upacara tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Surat itu juga mengatur, komposisi petugas upacara di Istana Merdeka Jakarta, di antaranya hanya 3 orang Paskibra yang berasal dari cadangan tahun 2019. Sedangkan komposisi Paskibra yang bertugas di daerah juga disebutkan untuk mengikuti pola yang sama dengan Paskibra di Istana Merdeka Jakarta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Pemkab Labusel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah melakukan seleksi penerimaan calon anggota Paskibra sejak awal Maret 2020 lalu. Hasilnya, sebanyak 70 siswa lulus sebagai anggota Paskibra Kabupaten Labusel tahun 2020.

Seleksi tersebut pun sempat tertunda selama beberapa bulan, akibat pandemi Covid-19. Namun tahapannya dilanjutkan kembali sehubungan adanya permintaan dokumen calon Paskibra Nasional 2020 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Labusel, Mara Ondak Harahap yang dikonfirmasi, Minggu (12/7/2020), mengakui sudah menerima surat tentang Pedoman Peringatan HUT ke 75 Kemeredekaan Republik Indonesia tahun 2020 dari Menteri Sekretaris Negara tersebut. Meski demikian, mereka masih menunggu petunjuk teknis tentang pelaksanaan upacara itu dari Pemprov Sumut.

"Untuk Kabupaten Labusel, persiapan Paskibra sudah 80 persen. Kami masih menunggu arahan dari Pemprov Sumut terkait pelaksanaan Upacara HUT RI di daerah. Karena banyak daerah yang persiapan Paskibra nya hampir rampung," katanya.

Disebutkan, berdasarkan jadwal yang telah disusun, pada 13 Juli mendatang, seluruh anggota terpilih Paskibra Kabupaten Labusel 2020 sudah harus melakukan latihan. Namun kata dia, untuk saat ini segala persiapan tersebut masih belum dilanjutkan, menunggu arahan dari Pemprov Sumut. (*)

Editor: [email protected]

T#gs Mara Ondak Harahap Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)Kotapinang
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments