Senin, 13 Jul 2020

Pasar Doloksanggul Sepi Akibat Covid-19

* Pengunjung Banyak Tidak Jaga Jarak
redaksisib Sabtu, 04 April 2020 15:06 WIB
SIB/Frans Simanjuntak

SEPI : Pengunjung di Pasar Doloksanggul, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas sepi, Jumat (3/4), atas dampak mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Para pedagang pun mengaku mengalami penurunan pendapatan. 

Humbahas (SIB)
Mewabahnya Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, berdampak pada pendapatan masyarakat khususnya pedagang di sejumlah pasar di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), salah satunya Pasar Doloksanggul.

Pantauan SIB di lapangan, Jumat (3/4), suasana pekan di Pasar Doloksanggul, Kecamatan Doloksanggul, tidak begitu ramai seperti biasanya. Pengunjung mengalami penurunan yang signifikan semenjak adanya imbauan dari pemerintah untuk menghidari keramaian terkaiat virus Corona atau Covid-19.

Namun, sejumlah pengunjung tampak terlihat tidak menghiraukan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak atau physical distancing. Di beberapa tempat, pengunjung masih terlihat berkumpul, terlebih para ibu-ibu rumah tangga yang menunggu jemputan bus ke kampung halamannya. Beberapa di antaranya juga tampak tidak menggunakan masker.

Salah seorang ibu rumah tangga, E Br Simamora yang sedang berbelanja di Pasar Doloksanggul tepatnya di Jalan Melanthon Siregar kepada SIB menyebutkan, bahwa jumlah pengunjung yang datang berbelanja di pasar itu, berkurang dari hari-hari pekan sebelumnya. Dia mengaku, salah satu faktor penyebabnya adalah akibat dampak virus Corona. Dia sendiri datang ke pasar itu untuk belanja keperluan sehari-hari mereka, termasuk sembako.

“Mungkin karena virus Corona itu, makanya agak sepi. Pemerintah juga kan sudah mengimbau untuk menjaga jarak dan tidak keluar rumah. Kalau hari-hari pekan sebelumnya, pada jam segini (pukul 16.00 WIB), jalan ini belum bisa dilalui kendaraan roda empat. Ini sudah bisa lalu lalang,” kata Simamora.

Hal yang sama diungkapkan seorang pedagang kain boru Purba. Dia mengaku, penjualannya sangat berkurang setelah adanya virus Corona. Kata dia, masyarakat lebih memilih membeli sembako daripada membeli pakaian. “Beginilah kondisinya. Pembeli sangat sepi. Bisa saja karena pengaruh virus Corona itu,”ucapnya.

Terpisah, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbahas Hotman Hutasoit mengatakan, untuk mencegah penyebaran virus Corona itu, Pemkab Humbahas tetap mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menjauhi kerumunan/keramaian orang, tidak menghadiri kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak.

Selain itu, juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih, mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin dan jangan menyentuh wajah terutama daerah mata, hidung dan mulut, serta menghindari kontak fisik, jaga jarak minimal 2 meter dari orang lain.

Berikutnya, mengimbau untuk berjemur di sinar matahari setiap hari, istirahat yang cukup, mandi 2 kali sehari dan selalu berganti pakaian setelah mandi, makan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin C dan E, memperbanyak minum air putih hangat dan hindari minum es. Dan jika bersin atau batuk tutup mulut dan hidung untuk mencegah orang yang ada di sekitar agar tidak terpapar Covid 19. (BR8/d)
T#gs COVID-19covid 19HumbahasPasar DoloksanggulSepi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments