Minggu, 05 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Berita Terkini
  • New Normal, Masyarakat Nias Khawatirkan Potensi Covid-19 Masuk ke Daerahnya Makin Terbuka

New Normal, Masyarakat Nias Khawatirkan Potensi Covid-19 Masuk ke Daerahnya Makin Terbuka

Riswan H Gultom Sabtu, 30 Mei 2020 20:56 WIB

Gunungsitoli, Pulau Nias

Gunungsitoli (SIB)
Kendati belum dijalankan pelaksanaan hidup normal baru, atau yang kerap disebut new normal, masyarakat di Pulau Nias masih memperdebatkan gagasan tersebut. Meski sejumlah warga setuju, sebagian besar masih belum begitu yakin masyarakat akan terbebas dari Covid-19 karena hidup lebih berbaur.

Penghimpunan informasi dan pengamatan yang dilakukan hariansib.com, Sabtu (30/5/2020), kekhawatiran masyarakat disebabkan, akses ke pulau Nias dari berbagai daerah akan kembali ramai saban hari, sehingga potensi wabah Covid-19 masuk ke Nias makin terbuka. Penerbangan dari Medan, Jakarta dan Padang akan kembali ramai.

Sementara untuk jalur laut, Nias terhubung dengan Sibolga dan Aceh, ditambah jalur operasional armada Tol Laut, Gunungsitoli-Sinabang Aceh-Telukbayur-Mentawai Sikakap-Enggano-Tanjung Priok.

"Armada udara dan laut akan beroperasi efektif setiap hari ke Nias. Ini yang kita khawatirkan dapat menjadi masalah ke depan. Nias zero Covid-19 kiranya bertahan terus," kata Bernandus Telaumbanua, pengusaha ikan.

Sementara dikatakan, kesiapan peralatan medis, alat pelindung diri (APD) hingga fasilitas rumah sakit sangat terbatas. "Jika new normal akan dipaksakan pastikan dulu kesiapan masyarakat dan fasilitas kesehatan," katanya.


Sementara sebagian warga lainnya mendukung pemberlakukan new normal, sebab dinilai akan kembali membenahi dasar-dasar perekonomian yang sebagian lumpuh dalam 3 bulan terakhir. "Jika terus berdiam di rumah kita ketinggalan jauh. Sudah saatnya kembali beraktifitas dengan mematuhi anjuran keselamatan," harap Ina Berkat dan belasan warga pemilik warung di pelabuhan Angin Gunungsitoli.

Sebelumnya, Jubir Gustu Nias, Dahlan Roso Lase menerangkan, pihaknya bersama forum kepala daerah se-kepulauan Nias akan duduk bersama membahas petunjuk pelaksanaan new normal meneruskan imbauan dari Kemendagri. (*)

Editor: Robert /Eva R Pelawi

T#gs COVID-19covid 19Dahlan Roso LaseGunungsitolimemperdebatkan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments