Minggu, 20 Sep 2020

Nekat Curi Kabel Listrik PLN, 2 Warga Riau Ditangkap di Rantauprapat

Efran Simanjuntak Kamis, 17 September 2020 13:39 WIB
Foto: Dok/Satreskrim
CURI KABEL LISTRIK PLN: Tim I Unit Resum Satreskrim Polres Labuhanbatu menangkap 2 pencuri kabel listik milik PT PLN dari 3 lokasi jaringan listrik wilayah Labuhanbatu Selatan. Dua warga Riau itu ditangkap di Rantauprapat, Senin (14/9/2020). 
Rantauprapat (SIB)
Dua pria warga Riau nekat mencuri kabel listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), ditangkap polisi. Namun seorang pelaku lainnya berhasil kabur dari sergapan petugas, saat hendak ditangkap setelah mencuri kabel listrik dari jaringan wilayah Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Tim 1 Unit Reserse Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu yang dipimpin Kanit Pidum Iptu H Naibaho, mengamankan 2 pelaku pencurian kabel listrik tersebut dari depan Bank Mandiri Rantauprapat Cabang Ahmad Yani. Pelaku HFT alias Dian (38) dan S alias Retno (27), diboyong ke Polres Labuhanbatu untuk penyidikan.

"Tindak pidana pencurian kabel listrik PLN dilakukan kedua pelaku dari jaringan listrik di komplek Perumahan Pinangawan Jalan Lintas Pinangawan Dusun Cikampak Tengah, Desa Aekbatu, Kecamatan Torgamba, di Jalan Lintas Langgapayung depan warung sembako milik Kohir di Kecamatan Silangkitang dan di Jalan Besar Rintis, Desa Rintis, Kecamatan Silangkitang Labusel, tepatnya di depan toko bangunan Usaha Baru," kata Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Parikhesit, kepada sejumlah wartawan melalui WhatsApp, Kamis (17/9/2020).

Kasat menjelaskan, awalnya pihaknya menerima informasi, Senin (14/9/2020) sekitar 07:00 WIB, ada 1 unit mobil Avanza hitam yang mencurigakan berhenti di depan Bank Mandiri Ahmad Yani.

“Kemudian tim Opsnal datang ke lokasi dan ketika didekati, ternyata 1 orang lari dan tidak dapat diamankan. Tim langsung mengamankan dua orang teman pelaku yang kabur," katanya.

Saat diinterograsi, tambahnya, 2 pelaku mengaku kabel listrik yang ada dalam goni plastik di dalam mobil, mereka ambil dari wilayah Baganbatu, Kecamatan Bagansinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

"Saat dilakukan koordinasi dengan Polsek Bagansinembah, pelaku kembali mengakui melakukan pencurian kabel listrik PLN di Pinangawan, bukan dari Baganbatu, sehingga pihak PLN membuat laporan polisi atas kejadian tersebut," katanya.

Kedua pelaku dan barang bukti kemudian diamankan ke Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan dari HFT alias Dian dan S alias Retno, 12 meter kabel in out, 1 unit travo, 1 unit mobil Toyota Avanza BM 1547 JV, 1 gunting kabel, 1 tang potong, tali panjat, 1 kunci inggris, 1 kunci pas 17/14, 1 kunci 17/19 dan kabel out sepanjang 8 meter. (*)

Editor: [email protected]

T#gs mencuri kabel listrik Polres Labuhanbatu milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)Warga Provinsi Riau
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments