Kamis, 06 Agu 2020

Mendagri Minta Kepala Daerah Segera Cairkan Anggaran Pilkada

Jumat, 03 Juli 2020 15:37 WIB
Foto SIB/Rido Adeward Sitompul
BERI KETERANGAN : Mendagri Tito Karnavian memberikan keterangan pers di Hotel Grand Aston Medan terkait kesiapan Pilkada 2020, Jumat (3/7/2020).
Medan (SIB)
Mendagri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda) yang menggelar Pilkada 2020 segera mencairkan seluruh anggaran pilkada kepada KPU dan Bawaslu.

Hal ituditegaskannya usai memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (3/7/2020).

“Saya minta sisa realisasi anggaran Pilkada sudah dicairkan paling lambat minggu depan. Karena 15 Juli, sudah masuk tahapan pemutakhiran data yang tentunya membutuhkan dana,” katanya.

Tito menjelaskan, dalam rapat tersebut, 23 kabupaten/kota yang menggelar pilkada di Sumatera Utara langsung melaporkan berbagai kesiapan mereka. Dari paparan KPU Sumut, diketahui ternyata transfer dari pemda kepada KPU maupun Bawaslu pada daerah yang menggelar Pilkada 2020 belum seluruhnya selesai.

“Tadi dari paparannya ada yang sudah 100 persen, ada yang masih separuh dan ada yang masih sedikit. Seperti di Madina dan Samosir, tapi tadi sudah disampaikan bupatinya bahwa itu akan segera diselesaikan,” ujarnya.

Ditambahkan Tito, anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 se-Indonesia telah ditransfer Kementerian Keuangan. Totalnya sekitar 960 miliar untuk KPU dan sekitar Rp 457 miliar untuk Bawaslu. Ia berharap dengan dukungan dana dari pusat dan dari pemerintah daerah, maka pelaksanaan Pilkada 2020 tidak ada kendala lagi dari sisi anggaran.

“Tinggal kita butuh sosialisasi agar partisipasi tinggi. Isu yang dibangun adalah bagaimana efektifitas kepala daerah dalam menangani covid-19, sehingga pilkada akan membuat kurva penyebaran Covid-19 semakin landai,"kata Tito.(*)

T#gs anggaran pilkada pilkada 2020Mendagri
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments