Sabtu, 11 Jul 2020

Lembu Warga Kembali Dimangsa Harimau di  Langkat

Sukardi Bakara Sabtu, 30 Mei 2020 19:23 WIB
Dok/SPTN V Bahorok

Mati : Seekor lembu warga kembali dimangsa  Harimau Sumetara di Dusun  Selayang Desa Laudamak Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sabtu (30/5/2020) sekira Pukul 05.00 WIB.  

Langkat (SIB)
Satu ternak lembu warga kembali dimangsa Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae ) di Dusun Selayang Desa Laudamak Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sabtu (30/5/2020) sekira Pukul 05.00 WIB.

Harimau Sumatera (HS) memangsa ternak warga di Langkat, sudah beberapa kali terjadi, sehingga BBTNGL memperlakuan Shock Theraphy. Bila sebelumnya sisa lembu dibiarkan untuk dimakan habis, kini akan dibakar sehingga HS merasa ketakutan dan kembali ke hutan.

“Pembakaran sisa bangkai dilaksanakan Minggu (31/5/2020) tujuannya agar Harimau merasa ada yang lebih kuat dari dirinya “ sebut Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Bahorok Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Palber Turnip kepada harianSIB.com, Sabtu (30/5/2020).

Sapi betina berbobot 80 Kg milik Jainuddin warga Desa Timbanglawan Kecamatan Bahorok mati dimangsa harimau yang diperkirakan Jumat malam dan diketahui pagi hari . Dirinya berharap bantuan dan kerjasama Forkopimcam untuk penanganan konflik harimau tersebut .

Sebagai upaya mengendalikan situasi, BBTNGL telah mensiapkan 12 personil dan melengkapi 5 pucuk senjata api agar dapat mengendalikan situasi. Serta akan membangun tower pengamatan terbuat dari bambu di lokasi dengan jarak 10 Meter dari bangkai ternak dan kamera penjebak (Trap).

“ Begitu malam harimau mendekati bangkai lembu langsung akan kita teror dengan letusan mercon dan senjata api dan setelah diyakinkan kembali ke habitatnya bangkai tersebut akan dibakar habis," sebut Palber Turnip. (*)
Editor: Robert /Eva R Pelawi

T#gs Harimau Sumatera nbsp Panthera Tigris Sumatrae LangkatPalber Turnipteror
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments