Kamis, 06 Agu 2020

Lagi, Satu PDP dengan Rapid Test Positif Corona Meninggal

Aperilman Rambe Selasa, 31 Maret 2020 15:33 WIB
Foto: SIB/Dok
dr Aris Yudhariansyah

Medan (SIB)
Lagi, seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) yang tengah menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit Umum (RSU) Bunda Thamrin, Jalan Sei Batang Hari Medan, meninggal dunia, Selasa (31/3/2020).

Berdasarkan Informasi yang diperoleh, PDP yang meninggal ini seorang pegawai honorer di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut berinisial MHC (35).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah yang dikonfirmasi membenarkan adanya seorang PDP meninggal di RS tersebut. Dia juga menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan melalui rapid test terhadapnya, dinyatakan positif Covid-19.

"Iya benar ada meninggal pasien PDP di RS Bunda Thamrin Medan. Meninggal sekitar jam 9 pagi hari ini. Hasil rapid testnya positif itu semalam kita lakukan. Namun, hasil laboratorium dari Jakarta belum keluar," tutur Aris

Namun begitu, jelas Aris, biasanya bila merunut pemeriksaan rapid test dan hasilnya dinyatakan positif, maka hasil serupa akan ditemui berdasarkan pemeriksaan swab laboratorium. Ia juga mengaku, tengah melakukan pemeriksaan terhadap semua orang yang diduga melakukan kontak erat dengan almarhum dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala).

"Kita sudah mulai hari ini penyelidikan epidemologi semua ke rekan kerja. Beliau bekerja di BNN Provinsi, kita cari dulu kontak eratnya," tegasnya.

Namun ketika disinggung mengenai riwayat perjalanan MCH, Aris mengatakan yang bersangkutan sama sekali tidak memiliki riwayat keluar daerah. Karenanya, Aris menduga, korban telah terpapar virus corona justru di Medan.

"Awalnya pasien sehat dan memiliki keluhan demam dan sesak sehingga koma di RS Bunda Thamrin pada 27 Maret. Namun setelah 4 hari dirawat pasien meninggal dunia," pungkasnya.(*)


Editor: Wilfred Manullang

T#gs Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera UtaraMedanPDP meninggalSekretaris Dinas Kesehatan Sumutvirus Coronadr Aris Yudhariansyah
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments