Kamis, 13 Agu 2020

Lagi, 1 Warga Sergai Positif Covid-19

Rimpun H Sihombing Senin, 13 Juli 2020 14:33 WIB

Drs H Akmal MSi

Sergai (SIB)
Seorang warga Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) asal Kecamatan Seibamban dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) test.


"Informasi yang kami dapatkan dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sergai, dr Bulan Simanungkalit, yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki berusia 23 tahun asal Kecamatan Seibamban," ungkap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, H Akmal, Senin (13/7/2020), di Posko Gugus Tugas di Rumah Dinas Bupati di Seirampah.


Akmal menjelaskan, sesuai data dari penyeledikan epidomologis yang dilakukan Tim Gugus Tugas lewat Dinkes Sergai menyebutkan, korban sudah mengalami demam sejak 3 bulan yang lalu dan menjalani pengobatan di beberapa bidan setempat.


Karena tidak kunjung sembuh, yang bersangkutan dibawa orangtuanya menjalani pemeriksaan darah di salahsatu laboratorium di Medan dengan hasil typoid. Selanjutnya, yang bersangkutan dibawa orang tuanya berobat dan sempat menjalani rawat inap selama satu malam di salahsatu klinik di Medan.


Usai menjalani rawat inap di klinik, lanjut Akmal, yang bersangkutan pulang ke rumah seorang keluarganya di Medan dan beristirahat di rumah tersebut selama 2 hari dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2020 sore. Selanjutnya, yang bersangkutan bersama orang tuanya kembali ke kediamannya di Kecamatan Seibamban.


"Sejak kepulangannya ke kediamannya di Seibamban dari tanggal 30 Juni hingga 8 Juli 2020, kondisi kesehatan yang bersangkutan masih belum membaik. Walaupun sudah menjalani perawatan di klinik setempat, kondisinya secara umum masih lemah, demam, batuk, muntah dan tenggorokan sakit disertai sesekali mencret," terang Akmal.


Maka pada 9 Juli 2020, yang bersangkutan dibawa orang tuanya berobat ke RS Elisabet Medan untuk rawat inap serta menjalani PCR test. Dan pada 11 Juli 2020, pihak RS Elisabet Medan menyatakan yang bersangkutan positif Covid-19.


Sesuai prosedur, tambah Kadis Kominfo Sergai ini, Dinkes langsung melakukan tracing untuk mendata orang-orang yang menjalin kontak erat dengan yang bersangkutan, dan didapati 6 anggota keluarga yang memenuhi kriteria tersebut.

"Akibat kejadian ini, warga Sergai positif Covid-19 menjadi 22 orang dengan rincian, 1 orang meninggal dunia, 14 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang masih menjalani perawatan intensif dan isolasi di beberapa rumah sakit rujukan," pungkas Akmal. (*)


Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs Dinkes Sergaigugus covid-19 sergaipositif Covid-19Positif Covid 19test PCR
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments