Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Kemarau, BPBD Labuhanbatu Imbau Masyarakat Waspadai Karhutla

Efran Simanjuntak Jumat, 03 April 2020 21:15 WIB
Foto SIB/Dok
 Atia Muchtar dan petugas 
Rantauprapat (SIB)
Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu diimbau di rumah saja untuk menghindari penularan coronavirus disease 2019 (Covid-19). Selain itu pada musim kemarau ini, masyarakat juga diajak mewaspadai kebakaran rumah, lahan dan hutan.

"Masyarakat kita imbau selalu waspada. Jangan sembarangan membakar sampah dan membuang puntung rokok terlebih di area perladangan atau perkebunan mengingat saat musim kemarau panjang bisa jadi pemicu terjadinya kebakaran," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, Atia Muchtar Hasibuan saat ditemui SIB, Jumat (3/4/2020) sore, di Rantauprapat.

Atia juga meminta warga mengurangi aktivitas pembakaran sampah atau rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga untuk menghindari terjadinya kebakaran rumah.

"Masyarakat juga diimbau jangan membuang puntung rokok sembarangan di perladangan untuk menghindari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), karena sangat berbahaya sebab menimbulkan kabut asap," ujarnya.

Atia Muktar berharap adanya koordinasi instansi lintas sektoral, terutama pihak kecamatan agar dapat bekerjasama menginformasikan hal ini kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing untuk mengimbau masyarakat tetap waspada.

“Kami berharap pihak kecamatan bisa meneruskan informasi ini ke perangkat desa agar imbauan ini bisa sampai ke masyarakat, demi menjaga daerah kita agar terhindar dari bencana kebakaran,” harapnya. (*)


Editor: Donna Hutagalung

T#gs Atia Muchtar HasibuanBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) LabuhanbatuRantauprapatwaspadai karhutla
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments