Sabtu, 04 Apr 2020

Karya Bhakti TNI Pembukaan Jalan Nisut-Nisbar akan Gandeng Masyarakat

Riswan H Gultom Jumat, 28 Februari 2020 15:35 WIB
Foto SIB/dok

Equator Daeli

Gunungsitoli (SIB)
Pembukaan badan jalan Afulu Nias Utara-Batas Nias Barat sepanjang 10 kilo meter yang direncanakan dikerjakan TNI dengan progran karya bhakti menggandeng masyarakat dinilai akan terlaksana efektif.

Kepala UPT Jalan Jembatan Gunungsitoli, Equator Daeli, Jumat (28/2/2020) menjelaskan, pembukaan jalan sangat tepat melalui karya bhakti TNI, sebab, akan memudahkan pengerjaan dan menyiasati masalah jika ada upaya provokasi terhadap warga.
Dijelaskan, sebenarnya BMBK Sumut sudah pernah melaksanakan pekerjaan tersebut, namun terkendala karena diduga ada provokasi oknum warga soal kepemilikan lahan, sehingga kehadiran TNI sebagai pihak yang dekat dengan masyarakat akan padu bekerja bersama-sama.

"Pada lokasi tersebut juga ada sungai Noyo selebar 120 meter yang berisi banyak binantang buaya, tentu sekali TNI lebih terlatih berkerja di lokasi demikian," terangnya.
Pembukaan jalan dimaksud menyibak keterisoliran sebagian wilayah Nias Utara dengan Nias Barat. Lokasi pembukaan merupakan pemukiman penduduk. "Warga di sana sangat kesusahan memasarkan hasil bumi. Kadang, komoditas pertanian seperti karet, pisang, ubi dan lainnya dibiarkan busuk di kebun karena cost transportasi menggunakan tenaga manusia mahal," urainya.

Equator meminta dukungan semua pihak agar pembukaan jalan tersebut sukses. "Pengerjaan secepatnya dimulai. Gubernur Sumut dan Pangdam sudah buat MoU, Dandim Nias ketua Satgas, saya sebagai pengawas," tandas Equator. (*)

Editor: Bantors

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments