Rabu, 23 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Kadis BMBK Janji Akan Terus Berusaha Perbaiki Jalan dan Jembatan Rusak di Sumut

Kadis BMBK Janji Akan Terus Berusaha Perbaiki Jalan dan Jembatan Rusak di Sumut

Firdaus Peranginangin Selasa, 30 Juni 2020 23:57 WIB
Foto SIB/Firdaus Peranginangin
Jalan Rusak: Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan memimpin rapat dengar pendapat dengan Kadis BMBK Sumut Effendy Pohan membahas jalan dan jembatan yang rusak di Sumut, Selasa (30/6/2020) di DPRD Sumut. 
Medan (SIB)
Komisi D DPRD Sumut mengaku bingung melihat pola kerja Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut dalam hal menangani infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak karena tidak mengutamakan perbaikan yang sangat urgen atau menjadi skala prioritas bagi arus lalu lintas masyarakat.
Hal itu diungkapkan Ketua, Sekretaris dan anggota Komisi D DPRD Sumut H Anwar Sani Tarigan, Parlaungan Simangunsong dan Rony Ronaldo Situmorang dalam rapat dengar pendapat dengan Kadis BMBK Sumut Effendy Pohan, yang dipimpin Anwar Sani didampingi Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Selasa (30/6/2020) di DPRD Sumut.

"Sangat membingungkan kinerja Dinas BMBK, sebab kerusakan jembatan di ruas Jalan Siantar - Tanah Jawa sudah berlangsung lama. Tapi hingga kini belum ada perbaikan. Bahkan Dinas BMBK berjanji akan memperbaiki pada 2021," ujar Rony.

Begitu juga Jalan Provinsi Tongkoh - Tigapanah Karo, tambah Anwar Sani, sudah lama mengalami kerusakan dan kerap terjadi longsor, tapi anggaran perbaikannya baru direncanakan dialokasikan di APBD 2021.

"Jalan tersebut sudah dua kali longsor, tapi belum juga ada perhatian dari Dinas BMBK. Jika tahun ini tidak diperbaiki, dikuatirkan jalan akan putus dan rumah-rumah penduduk di kawasan longsor terancam ambruk," tandas Anwar Sani.

Selain itu, tambah Parlaungan, Jalan Dr Bisuk Siahaan atau jalan provinsi yang menghubungkan Siraituruk menuju PT TPL Kecamatan Porsea Kabupaten Toba sudah puluhan tahun tetap rusak-parah, sehingga sangat mengganggu arus lalu lintas.

Janji PerbaikiMenanggapi kritikan dewan, Kadis BMBK Sumut Effendy Pohan berjanji akan terus berusaha memperbaiki jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan, dengan mengalokasikan anggarannya secara bertahap di APBD Sumut.

"Soal jembatan yang menghubungkan Siantar - Tanah Jawa belum bisa dikerjakan, karena perencanaannya baru selesai pada 2020, sehingga terpaksa dikerjakan pada 2021," ujar Effendy Pohan.

Menyangkut Jalan Siraituruk - PT TPL, katanya, Pemprov Sumut akan melakukan kesepakatan dengan PT TPL, agar jalan itu diserahkan penanganannya ke perusahaan TPL. Soal Jalan Tongkoh - Tigapanah, jika memungkinkan akan dialokasikan di P-APBD Sumut TA 2020.(*).


Editor: [email protected]

T#gs H Anwar Sani TariganKomisi D DPRD Sumutinfrastruktur jalan dan jembatan yang rusak
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments