Minggu, 27 Sep 2020

KPU Sergai Laksanakan Tahapan Pilkada dengan Efisienkan Anggaran NPHD

Rimpun H Sihombing Rabu, 24 Juni 2020 20:38 WIB
Dok/Erdian Wirajaya

Erdian Wirajaya SSos 

Sergai (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati tahun 2020, dengan mengefisienkan anggaran sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar 36,5 miliar, yang sebelumnya telah ditandatangani KPU Sergai dengan pemerintah daerah.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya melalui seluler kepada hariansib.com, Rabu (24/6/2020).

Erdian mengatakan, mengingat Pilkada kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, ada perubahan-perubahan yang harus dilakukan agar pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai protokol kesehatan.


Perubahan-perubahan tersebut antara lain, kegiatan bimbingan teknis dan sosialisasi, yang awalnya melibatkan banyak orang, menjadi terbatas maksimal diikuti 20 orang untuk sekali pertemuan.

Kemudian, KPU juga mewajibkan seluruh petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada nantinya, menggunakan alat pelindung diri (APD). KPUD juga akan menambah jumlah TPS untuk membatasi jumlah pemilih dalam satu TPS agar sesuai protokol kesehatan.

Menurutnya, pelaksanaan tahapan Pilkada tersebut, termasuk penambahan TPS, kotak suara, APD, maupun kelengkapan lainnya, KPU Sergai belum ada mendapat penambahan anggaran. Seluruh pembiayaan masih ditanggulangi dengan mengefisiensikan anggaran yang ada.

"Kami telah mengajukan usulan penambahan anggaran sekitar Rp16 miliar ke Pemkab Sergai, namun apakah usulan itu akan diakomodir atau tidak, kami belum tahu. Untuk saat ini, tahapan Pilkada tetap dilaksanakan dengan mengefisiensikan anggaran yang ada," ujarnya.

Erdian juga menyebutkan, terkait fasilitas kelengkapan APD yang akan digunakan badan adhoc pada pelaksanaan pemungutan suara nantinya, KPU Sergai akan mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

"Namun, itu juga masih sebatas koordinasi, belum bisa kita pastikan, karena belum ada kesepakatan tertulis. Dan terkait APD ini, kami juga terus melakukan koordinasi dengan KPU pusat, agar pelaksanaan tahapan Pilkada ini dapat berjalan sesuai dengan protokol kesehatan," pungkas Erdian. (*)



Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs Efisiensi anggaranKPU Sergaitahapan pilkada
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments