Selasa, 11 Agu 2020

KPU Sergai Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih

Rimpun H Sihombing Jumat, 03 Juli 2020 17:02 WIB
Foto Dok/Sekretariat KPU Sergai
BIMTEK : Komisioner KPU Sergai Divisi Data dan informasi, Fuad Hasan Lubis menyampaikan paparan pada pelaksanaan bimtek pemutakhiran data pemilih yang digelar di obyek wisata Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantaicdrmin, Jumat (3/7/2020). 
Sergai (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) menggelar mimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data pemilih kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai tahun 2020, Jumat (3/7/2020), di aula obyek wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantaicermin.

Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Bayu Afrianto, didampingi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Misriani menyatakan, dalam melakukan pemutakhiran data pemilih diperlukan tiga prinsip penting yakni, komperhensif, mutakhir dan akurat.

Warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih agar benar-benar dimasukkan ke dalam data pemilih. Proses yang dilakukan benar-benar ril, melihat kondisi saat ini sampai pada saat pemungutan suara, dan data yang diteliti benar-benar akurat, tidak hanya dari jumlah, tetapi juga kualitas penelitian di lapangan.

Dengan dilakukannya bimtek, dia berharap, PPK mampu berperan untuk memonitoring Panitia Pemilihan Suara (PPS) Desa dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dalam proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang akan dilakukan pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

"Melalui bimtek ini kami berharap, PPK dapat memberikan pemahaman kepada PPS dan PPDP tentang teknis pemutakhiran data pemilih, sehingga mampu bekerja secara cermat, teliti dan baik, agar memperoleh data yang berkualitas serta dapat dipertanggung jawabkan," ujarnya.

Sementara Komisioner Divisi Program Data dan Informasi, Fuad Hasan Lubis menyatakan pelaksanaan pemutakhiran data merupakan acuan bagi tahapan pemilihan selanjutnya. Tahapan pemutakhiran ini sangat penting, karena memengaruhi semua divisi di PPK sehingga dapat bersama sama bekerja dalam proses pemutakhiran data pemilih. (*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Panitia Pemilihan Kecamatan bimtek pemuktahiran data pemilihKPU Sergai
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments