Minggu, 09 Agu 2020

Jumlah Kasus Covid-19 di Sumut Makin Buruk, Tembus 1.232 Orang

Roland Tambunan/Leo Bukit Selasa, 23 Juni 2020 19:35 WIB
Dok/Humas Pemprovsu

Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB 

Medan (SIB)
Jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) semakin memburuk. Berdasarkan data yang dirangkum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Selasa (23/6/2020), terdapat sebanyak 117 orang positif sebagai penderita Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB menyampaikan, karenanya jumlah penderita Covid-19 di Sumut hari ini telah mencapai sebanyak 1.232 orang dari sebelumnya sebanyak 1.115 orang.

Penambahan ini berasal dari Kota Medan sebanyak 68 orang, Deliserdang 20 orang, Pematang Siantar 1 orang, Binjai 1 orang, Asahan 3 orang, Tanjung Balai 1 orang, Karo 1 orang, Padang Sidimpuan 1 orang, Simalungun 2 orang, Samosir 1 orang, Labuhan Batu Selatan 1 orang, dan luar dari luar Sumut 17 orang.

"Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 871 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 204 orang, pasien meninggal 77 orang, dan yang sembuh menjadi 265 orang," ungkapnya.

Peningkatan penambahan kasus positif Covid-19 ini, merupakan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan secara masif serta masih terjadinya penularan di lingkungan masyarakat. Akan tetapi, dia mengingatkan, hasil positif ini bukanlah sebuah aib dan akhir segalanya. "Virus corona bisa menularkan kepada siapa saja yang tidak menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Whiko menerangkan, pada masa transisi new normal ini, masyarakat harus tetap melindungi diri dan keluarganya dari Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan antara lain, menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak interaksi satu hingga dua meter dan menghindari kerumunan.

Whiko melanjutkan, masker yang tidak digunakan penderita Covid-19 akan mengurangi resiko penularan sebesar 70%, kemudian bila penderita Covid-19 menggunakan masker maka resiko penularannya akan turun menjadi 5%, dan bila penderita Covid-19 maupun yang sehat semua menggunakan masker maka semakin turun penularan sampai 1%.

"Tetapi bila dibarengi dengan jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, serta menghindari keramaian berarti kita telah memutus rantai penularan terhadap diri, keluarga dan lingkungan sekitar kita," pungkasnya. (*)
Editor: [email protected]

T#gs Covid-19 di Provinsi Sumatera UtaraMayor KES dr Whiko Irwan D SpBODPPDP
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments