Senin, 21 Sep 2020

Hasil Swab PCR Akhyar Nasution Beredar di Medsos

Leo Bukit Rabu, 05 Agustus 2020 12:31 WIB
Dok/Whastaap Grup Media

BEREDAR: Hasil pemeriksaan swab PCR Akhyar Nasution di RS Murni Teguh yang beredar di media sosial, Selasa (4/8/2020) malam.

Medan (SIB)
Hasil pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 atas nama Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution di RS Murni Teguh Medan beredar di media sosial, Selasa (4/8/2020) malam.

Dalam surat tersebut, hasil pemeriksaan menunjukkan Plt Wali Kota Medan negatif SARS-Cov-2 (virus yang menyebabkan Covid-19). Dalam surat tersebut juga diketahui Akhyar Nasution menjalani pemeriksaan swab PCR pada 30 Juli 2020. Sedangkan hasilnya keluar pada 31 Juli 2020.

Humas RS Murni Teguh Winda Aqmalia Lingga membenarkan, pihaknya memeriksa sampel swab PCR (polymerase chain reaction) Covid-19 atas nama Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Winda tidak membantah hasil dari pemeriksaan menunjukkan Akhyar Nasution negatif SARS-Cov-2 (virus yang menyebabkan Covid-19).

"Kalau hasil pemeriksaan memang dari kita. Tapi beredarnya hasil pemeriksaan kami tidak tahu," kata Winda kepada wartawan via whatsapp di Medan, Rabu (5/8/2020), sembari membantah Akhyar Nasution dirawat di RS Murni Teguh.

Winda juga memastikan hasil pemeriksaan dari RS Murni Teguh merupakan kerahasiaan pasien sehingga pihaknya cukup ketat dalam memberikan informasi tersebut.

"Karena itu kan kerahasiaan pasien, apapun bentuknya harus diambil pasien sendiri atau yang diwakilkan oleh pasien. Kalau pasien dirawat inap, ada nama keluarga pasien tertera di inform consent, artinya dia bisa mewakilkan pasien menerima hasil pemeriksaan atau informasi dari pasien," tambahnya.

Sebelumnya, beredar kabar Plt Wali Kota Medan tersebut terpapar Covid-19. Sebab, beberapa hari ini Akhyar Nasution tidak hadir dalam kegiatan di Pemko maupun di Pemprov Sumut, salahsatunya Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Medan, Binjai dan Kabupaten Deliserdang (Mebidang), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan, Selasa (4/8/2020).

Kabar tersebut dibantah Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Medan. "Tidak, bapak sehat-sehat aja," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Medan dr Mardohar Tambunan. (*)
Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Hasil swab PCRRS Murni TeguhAkhyar NasutionPlt Wali Kota Medan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments