Sabtu, 26 Sep 2020

Harimau Sumatera Mangsa Ternak Warga di Langkat

Sukardi bakara Sabtu, 02 Mei 2020 11:21 WIB
SIB/BBKSDA Wil Langkat

Mati :  Seekor ternak lembu  warga Desa Laudamak Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, mati dimangsa  Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae), Jumat (1/5/2020). 

Langkat (SIB)
Dua ekor ternak sapi/lembu milik warga di lokasi terpisah ditemukan mati dimangsa Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae), di Kecamatan Bahorok dan Batangserangan, Kabupaten Langkat, Jumat (1/5/2020).

Tim BKSDA, BBTNGL dan WCS (Konservasi Satwa Liar) menemukan jejak dan bekas seretan bangkai lembu milik Hendrik Sembiring (30) warga Dusun Tanjungnaman Desa Laudamak, Bahorok, dekat alur sungai kecil dalam keadaan mati usus terburai.

"Posisi lembu yang dimangsa di Laudamak berada d luar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser," tulis Kepala Seksi Balai Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BBSDA) wilayah Langkat, Herbert
Aritonang melalui Whatsapp pada harianSIB. com, Jumat (1/5/2020) malam.

Aritonang mengatakan, pada hari yang sama ada dua ternak warga dimangsa satwa liar dilindungi dan dipastikan harimau yang berbeda, karena jarak kedua lokasi kejadian cukup jauh.

"Di Glugur Tangkahan Batangserangan, biasanya kalau ada satu mangsa (sisa) pasti itu terus itu yang akan dihabisi,"jelas Aritonang.
Sementara Kepala Seksi Penglolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Bahorok BBTNGL, Palber Turnip menduga harimau tersebut harimau yang sama dengan yang memangsa ternak warga beberapa tahun lalu. Tapi berbeda dengan yang memangsa ternak warga di Glugurtangkahan Batangserangan.

Sebelumnya Hendrik Sembiring pemilik ternak yang juga Sekretaris Desa Laudamak Bahorok, Jumat (1/5/2020), sekira lukul 07.00 WIB, mengaku melihat seekor lembu peliharaan hilang yang diikat di perladangan tidak jauh dari rumahnya .
(*)
Editor: Donna Hutagalung

T#gs BahorokBatangseranganHarimau SumateraHerbert AritonangKepala Seksi Balai Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BBSDA) wilayah LangkatKepala Seksi Penglolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Bahorok BBTNGLLangkatternak warga mati dimangsa
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments