Minggu, 05 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Berita Terkini
  • Harga Mie Sedap di Bulog Gunungsitoli Jauh Lebih Mahal dari Harga Eceran

Harga Mie Sedap di Bulog Gunungsitoli Jauh Lebih Mahal dari Harga Eceran

Putra Nainggolan Jumat, 05 Juni 2020 14:54 WIB
Foto: SIB/Putra Nainggolan

Mie Sedap

Nias Barat (SIB)
Pemerintah Kabupaten Nias Barat membeli mi instan merk Mie Sedap dengan harga Rp 3 ribu dari Bulog Gunungsitoli sebagai penyedia 14.568 paket bantuan pangan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemprov Sumut.

Harga tersebut sangat tidak wajar karena beberapa informasi yang dihimpun wartawan, harga eceran di beberapa warung kecil di Nias Barat untuk mi instan merk itu tidak lebih dari Rp 2.500.

Sekda Nias Barat Fakhili Gulo membenarkan pembelian tersebut. "Ia, kita juga heran kenapa harganya seperti itu dan hitungannya juga perbungkus bukan per kardus,"katanya membenarkan konfirmasi wartawan, Jumat (5/6/2020).

Seperti diketahui, Pemkab Nias Barat mendapatkan jatah paket bantuan pangan dari Pemprov Sumut sebanyak 14.568 paket dengan harga per paket Rp 225 ribu yang pengadaannya diserahkan kepada Bulog Gunungsitoli.

Adapun item dari paket tersebut antara lain beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 2 kg, susu 1 kaleng dan Mie Sedap 20 bungkus dengan harga keseluruhan Rp 220 ribu.

Sementara pihak Bulog Gunungsitoli Denny Mani mengakui harga per bungkus Mie Sedap yang dihitung Rp 3 ribu per bungkusnya. Ia berasalan harga tersebut sudah sesuai antara harga pembelian dengan harga jual.

"Memang betul harga Mie Sedap seharga 3 ribu/bungkus karena ini berkaitan dengan cost structure yang terbentuk dari pembelian dan penjualan dari mi instan tersebut. Dan harga tersebut sudah termasuk dari PPN 10% Pak," katanya.

Disinggung soal adanya kecurigaan mark-up harga untuk menguntungkan oknum tertentu, ia mengatakan pihaknya hanya bisa menjelaskan harga yang keluar dari perusahaan dan mereka pertanggungjawabkan dari faktur pajak yang terbit terkait penjualan paket tersebut. (*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Pemkab Nias Barat harga mie sedapbulog Gunungsitoli
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments