Minggu, 09 Agu 2020

Gawat, Positif Covid-19 di Sumut Terus Bertambah Capai 1.467 Orang

Gustu Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Roland Tambunan/Leo Bukit Minggu, 28 Juni 2020 19:41 WIB
Dok/Humas Pemprovsu

dr Aris Yudhariansyah MM 

Medan (SIB)
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah MM menyampaikan, berdasarkan rangkuman yang telah dilakukan, jumlah penderita positif Covid-19 hasil pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR), pada Minggu (28/6/2020), mencapai 1.467 kasus.

Dibandingkan data sebelumnya, jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 20 kasus. "Pasien positif hari ini kembali naik dari 1.447 menjadi 1.467 orang," kata Aris Yudhariansyah kepada wartawan.

Aris Yudhariansyah yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut menjelaskan, untuk pasien sembuh hari ini juga kembali bertambah sebanyak 10 orang. Sehingga totalnya sudah menjadi 383 atau naik dari sebelumnya sebanyak 373 orang.

Begitu juga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya hari ini mengalami peningkatan satu kasus menjadi 203 orang. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya mengalami penurunan sebanyak lima orang menjadi 1.102 orang.

"Sedangkan untuk pasien meninggal tidak ada, yakni akumulasinya masih berjumlah 92 orang," sebut Aris Yudhariansyah yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Asahan ini via seluler.

Dalam kesempatan ini, Aris menyampaikan Kota Medan masih menjadi wilayah dengan kasus positif terbanyak, yakni 960 kasus. Namun begitu angka kesembuhannya juga masih yang tertinggi, yakni sebanyak 242 orang.

Selanjutnya adalah Kabupaten Deliserdang yang angka positifnya sebanyak 188 kasus. Sementara untuk angka kesembuhannya, tambah Aris, ada mencapai sebanyak 61 orang.

"Untuk wilayah yang kasus positifnya masih nihil ada di lima Kabupaten/Kota, masing-masing Kabupaten Nias, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Nias Utara dan juga Nias Barat," pungkasnya.

Aris mengatakan, bertambahnya pasien Covid-19, gugus tugas mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. "Menjadi perhatian kita bersama bahwa protokol kesehatan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar dan sesuatu yang harus dipatuhi secara bersama-sama. Karena inilah yang kemudian bisa kita gunakan untuk mengendalikan sebaran Covid-19 ini di Sumut," ucapnya.

Sesuai dengan arahan Gubernur Sumut, kata dia, bahwa Gugus Tugas Covid-19 Sumut akan terus melaksanakan hal-hal yang mendasar dalam konteks menangani Covid-19, diantaranya dengan upaya bersama dalam meminimalisir dampak yang ditimbulkannya, terutama pada transisi masa new normal saat ini. Melaksanakan kegiatan pemeriksaan secara masif dan penelusuran kontak positif secara lebih agresif lagi.

"Cemaran droplet dari orang tanpa gejala ini biasanya yang mengenai benda-benda di sekitarnya. Sengaja maupun tidak sengaja, kemudian kita melakukan sentuhan pada mata, hidung, mulut tanpa dicuci inilah yang akan mempercepat proses penularan," katanya.

Aris Yudhariansyah mengatakan masyarakat harus lebih serius dalam menjalani protokol kesehatan. Hal yang paling ditekankan Gugus Tugas Covid-19 Sumut adalah penggunaan masker dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain. (*)


Editor: [email protected]

T#gs covid-19 covid 19 odp PDPdr Aris Yudhariansyah MM
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments