Selasa, 11 Agu 2020

Dinkes Deliserdang Bawa Berobat Warga Miskin Sakit Kelenjar ke RSUD

Jekson Turnip Jumat, 03 Juli 2020 21:25 WIB
Foto dok/Fani
DIBAWA: Ateng warga miskin yang hidup sebatang kara dan berpenyakit kelenjar di leher dibawa pihak Dinkes Deliserdang melalui jajaran Puskesmas Lubukpakam menggunakan ambulans untuk mendapatkan perawatan di RSUD, Jumat (3/7/2020).
Lubukpakam (SIB)
Dinas Kesehatan (Dinkes) Deliserdang melalui Puskesmas Lubukpakam langsung tanggap mendengar ada seorang warga miskin hidup sebatang kara berpenyakit kelenjar di lehernya.

Warga bernama Mardongan Nasution (54) warga Gang Melati 1, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang itu, dibawa pihak Dinkes ke RSUD Deliserdang untuk mendapatkan perawatan.

Informasi dari warga setempat, Mardongan yang akrab dipanggil Ateng itu tinggal di tempat keluarga angkatnya Samsul Bahri Lubis (55) yang bekerja sebagai penarik becak mesin. Di rumah itu, Ateng hanya bisa berbaring dengan kondisi memprihatinkan.

Kondisi Ateng mengalami penyakit diketahui sudah sebulan terakhir. Karena keterbatasan biaya, Ateng hanya dapat menahan rasa sakit yang dialami di rumah Samsul. Dengan kondisi itu, keluarga angkat Ateng dan tetangga melakukan aksi spontan gerakan penggalangan dana.

"Kami bingung bang untuk perobatannya, sudah tiga minggu kami mengurus BPJS bang Ateng ini di Dinas D tetapi tidak siap-siap. Akhirnya kami membuat BPJS mandiri untuk bang Ateng, namun siapnya 14 hari baru bisa aktif," terang warga bernama Enda di lokasi, Jumat (3/7/2020).

Enda menyebutkan, tetangga telah melakukan gerakan sosial dengan memohon bantuan seiklasnya. Semua itu tidak lain katanya untuk menolong Ateng untuk mendapatkan perawatan medis.

Mendengar informasi tersebut, Kepala Dinkes Deliserdang dr Ade Budi Krista langsung memerintahkan Puskesmas Lubukpakam. Untuk selanjutnya dilakukan penjemputan dan penanganan medis di RSUD Deliserdang.

Tampak hadir petugas dari Puskesmas Lubukpakam yaitu dr Sri Mahyuni, Tian Hutabarat dan bidan Desa Bakaran Batu Juliana. Juga hadir Kades Bakaran Batu M Irwan Tanjung bersama Kadus Hendrik.(*)

Editor: [email protected]

T#gs BPJS Deliserdang Dinas Kesehatan Deliserdang obati warga miskin sakit kelenjarLubukpakam
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments