Selasa, 29 Sep 2020

Dinas BMBK Didesak Perbaiki Jalan Provinsi Tongkoh - Barusjahe Karo

Firdaus Peranginangin Selasa, 05 Mei 2020 17:37 WIB
Foto Dok/Baskami Ginting
Longsor: Jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh - Barusjahe di Desa Basam Karo yang menghubungkan Medan-Tigapanah-Simalungun dan Dairi, mengalami longsor dan rumah penduduk nyaris ambruk.

Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendesak Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut segera memerbaiki jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh - Barusjahe (persisnya di Desa Basam Karo) yang mengalami longsor. Jika tidak, jalan alternatif Medan-Simalungun-Dairi tersebut terancam putus total.

"Akibat longsor yang berkedalaman lebih kurang 20 meter itu, jalan alternatif yang menghubungkan Medan-Karo menuju Sidikalang Dairi dan Simalungun nyaris putus total, karena hampir setengah badan jalan amblas dan rumah penduduk yang ada disekitar jalan, nyaris ambruk tergerus longsor," ujar Baskami kepada wartawan, Selasa (5/5/2020), di DPRD Sumut.

Informasi jalan longsor ini diperoleh Baskami dari Bupati Karo Terkelin Brahmana yang sudah turun ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi jalan serta keadaan penduduk sekitar yang terpaksa diungsikan dari kawasan longsor.

Dari penuturan Bupati Karo kepada Baskami, longsor terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama sepekan terakhir ini, sehingga jalan raya yang tergenang air perlahan-lahan menggerus jalan dan longsor yang mengakibatkan rumah warga nyaris ambruk.

Berkaitan dengan itu, Baskami mendesak Dinas BMBK Sumut melalui UPT (Unit Pelayanan Teknis) di Karo untuk segera memerbaikinya sebelum ada jatuh korban serta rumah-rumah warga ikut tergerus dan jatuh ke dasar jurang.

"Jalan longsor tersebut menjadi perhatian masyarakat dan pengemudi yang sedang melintas, sebab rambu lalu-lintas dan tanda peringatan longsor belum ada terpasang oleh Dinas BMBK Sumut melalui UPT di Karo," kata Baskami. (*)

Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Baskami Ginting Dinas BMBK Sumut Ketua DPRD SumutJalan longsor di Karo
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments