Senin, 10 Agu 2020

Diduga Pungli ASN, Ketua Korpri Nias Utara Dilaporkan ke Mabes Polri

Riswan H Gultom Rabu, 08 Juli 2020 16:20 WIB
Foto: Dok/ Soziduhu
TUNJUKKAN :  Soziduhu Gulo menunjukkan bukti laporannya terhadap Ketua Korpri Nias Utara ke Mabes Polri terkait kutipan ASN. 
Nias Utara (SIB)
Seorang pemuda Nias Utara (Nisut), Soziduhu Gulo melaporkan Ketua Korpri Nisut, Yafety Nazara ke Mabes Polri dengan tuduhan melakukan pungli terhadap ASN anggota Korpri dengan dalih sumbangan pembelian masker untuk masyarakat.

Soziduhu, Rabu (8/7/2020), menjelaskan, tindakan Yafety Nazara yang juga Sekda Nisut, membuat resah berbagai kalangan. Sebab tidak diketahui dasar hukum pemungutan dana dari ASN tersebut.

"Kita maklum dana tersebut jika digunakan untuk hal yang benar, namun kita menginginkan Yafety memberitahu dasar hukum kutipan itu. Jangan asal kutip kepada ASN, semua harus ada aturan," katanya.

Ia mengatakan telah melaporkan Nazara ke Mabes Polri pada 4 Juli lalu. Ia meminta polisi segera menangani.

Sementara dalam surat imbauan Ketua Korpri Nisut tanggal 17 April 2020 yang beredar, diminta para kepala OPD, camat, lurah, kepala UPT sebagai bagian dari Korpri agar menyisihkan penghasilannya paling lama hingga 24 April 2020, untuk belanja masker guna dibagikan kepada masyarakat.

Dalam surat tersebut dirinci besaran sumbangan yang diharapkan yakni, Sekda Rp 1,5 juta, eselon II B Rp 1 juta, eselon III A Rp 500 ribu, eselon III B Rp 400 ribu, eselon IV A Rp 250 ribu, eselon IV B Rp 250 ribu dan staf non eselon Rp 100 ribu.
Sementara, Ketua Korpri Nisut, Yafety Nazara yang dihubungi membenarkan adanya pungutan ASN untuk belanja masker bagi masyarakat. Ia menjelaskan dasar kutipan tersebut hasil rapat sesama anggota Korpri. Sekda juga mengaku akan menjelaskan jika ada permintaan pertanggungjawaban kepadanya.

Ketika ditanya total dana ASN yang terkumpul, ia tidak menjawab. Ia mengatakan bendahara yang mengetahui. "Kami merasa kutipan tersebut tidak ada masalah," katanya menanggapi dirinya dilaporkan ke Mabes Polri. (*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Ketua Korpri Nisut Mabes Polri Pungli ASN Yafety NazaraNias Utara
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments