Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Berita Terkini
  • Diduga Gelapkan Bantuan Covid, Puluhan Warga Miskin Demo Lurah Sosorgadong Tapteng

Diduga Gelapkan Bantuan Covid, Puluhan Warga Miskin Demo Lurah Sosorgadong Tapteng

Helman Tambunan Rabu, 20 Mei 2020 17:17 WIB
Foto SIB : Helman Tambunan
UNJUK RASA : Para warga saat berunjukrasa di depan Kantor Camat Sosorgadong, terkait bantuan Covid-19 yang diduga tidak tepat sasaran, Rabu (20/5/2020). 

Tapteng (SIB)
Puluhan warga miskin di Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah, berunjukrasa di Kantor Camat Sosorgadong, Rabu (20/5/2020).

Para orangtua itu berjalan kaki membawa sejumlah poster berisi tuntutan 15 poin, salahsatunya dugaan pengelapan bantuan Covid-19 dan beras miskin (raskin) tahun 2018.

Mereka berteriak-teriak mengungkapkan kebijakan lurah yang lebih mementingkan keluarga, sehingga banyak warga yang tidak kebagian bantuan sosial dari pemerintah.

"Kami datang karena periuk kami sudah tidak berisi. Beras kami juga tidak ada. Bisa cek ke rumah kami," kata Op Tianur.

Selain menyuarakan penyalahgunaan Bansos Covid-19, masyarakat juga menyuarakan bantuan raskin tahun 2018 sebanyak 400 goni yang diduga diselewengkan.

Informasi yang diperoleh SIB, kekesalan warga hingga turun berunjukrasa berawal saat mereka mempertanyakan bantuan kepada Lurah Sosorgadong, Lismen Sitanggang. Namun dijawab bantuan sudah habis.

Tetapi setelah dicek warga, ternyata bantuan masih ada di dalam rumah diduga akan digelapkan oknum lurah. Warga selanjutnya mengamankan beras tersebut dan diserahkan ke Polsek Barus.

Warga berharap Polsek Barus menyelidiki dugaan penggelapan tersebut, dan memeriksa oknum Lurah. Namun besoknya ada oknum yang mengambil dari Polsek Barus.

Kapolsek Barus AKP Ngateni yang dikonfirmasi wartawan membenarkan informasi itu. Ia mengatakan, ada warga yang menitipkan beras yang diduga akan digelapkan lurah. Tetapi besoknya Camat Sosorgadong menyebutkan bantuan itu ada yang punya.

"Setelah kita cek, ternyata ada yang nama penerima bantuan, sehingga kita kasih," kata Kapolsek.

Camat Sosorgadong Ridwan Gorat kepada massa di sela berunjukrasa mengatakan, akan meneruskan tuntutan warga ke pimpinannya. Termasuk tuntutan pencopotan Lurah Sosorgadong.

Sementara Tim Pengawas Dana Bansos Covid-19 dari Profesional Jaringan Mitra Negara (Projamin), Mangudut Hutagalung yang ikut memantau aksi unjuk rasa meminta Polda Sumut menyelidiki dugaan penggelapan Bansos Covid-19 dan raskin 2018 sebanyak 400 goni dari Kelurahan Sosorgadong.

Aksi massa berlangsung aman dan lancar, hingga para warga kembali ke rumah masing-masing. (*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Lurah SosorgodangTaptengbantuan covid 19Bantuan Covid-19gelapkan bantuan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments