Jumat, 05 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Dampak Corona, 'Parrengge-Rengge' di Pusat Pasar Sidikalang Menjerit

Tulus Tarihoran Selasa, 07 April 2020 16:30 WIB
SIB/Tulus Tarihoran

PENJUALAN TURUN: Hasil penjualan pedagang sayuran di Pusat Pasar Sidikalang turun drastis. Terlihat pedagang menjajakan sayurannya, Selasa (7/4/2020).

Sidikalang (SIB)
Omzet 'parrenge- rengge'/pedagang sayuran di Pusat Pasar Sidikalang, turun drastis akibat dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Jam berjualan terbatas hingga pukul 14.00 WIB. Akibatnya, barang dagangan banyak yang busuk karena tidak laku.

"Sejak ada virus corona, jumlah pembeli turun drastis. Pembeli datang ke Pusat Pasar Sidikalang, hanya untuk membeli kebutuhan tertentu," ucap Lasma Tambunan dan Destri Batuara, Selasa (7/4/2020), sambil menjajakan sayuran.

Ia mengaku hasil penjualan jauh turun dari sebelum ada corona. Barang yang dijual jumlahnya sudah berkurang, tetapi itu pun tidak habis. Padahal, berjualan sayuran tumpuan keluarga memenuhi kebutuhan pokok dan sekolah. Saat ini, penjualan turun drastis dan tidak mencukupi.

Lasma mengaku, sudah 2 minggu tidak mengirimkan uang belanja anaknya yang kuliah di Jogyakarta, karena hasil penjualan pas- pasan. "Mau pulang kampung, tidak ada uang untuk ongkosnya," ucapnya sambil meneteskan air mata.

Sementara, Destri mengatakan, anaknya yang bekerja di Medan harus dirumahkan karena pandemi corona. Untuk memenuhi kebutahannya, harus mengirimkan uang. Untuk pulang ke Dairi, tidak diperbolehkan takut membawa virus tersebut.

Keduanya mengaku, tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, terlebih pada situasi pandemi corona. "Ada yang bagi- bagi sembako, tetapi kami tidak pernah dapat," ucapnya.

Jangankan sembako, masker sekali pun tidak ada yang memberikan. Setiap hari ada dari pemerintah yang imbau agar pakai masker. Tetapi saat diminta masker dari mereka, disarankan membeli dari apotek.(*)

Editor: Robert Banjarnahor

T#gs Sidikalangomzet turun drastiapedagang sayurpembeli sepivirus Corona (Covid-19)Virus Corona (Covid 19)
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments