Senin, 10 Agu 2020

DPRD Sumut Tinjau Proyek Pemprov Sumut TA 2019 di Dairi

Tulus Tarihoran Rabu, 08 Juli 2020 16:03 WIB
Foto/ SIB Tulus Tarihoran
TINJAU: DPRD Sumut meninjau bangunan IPAL berbiaya Rp 1 miliar lebih di Pusat Pasar Sidikalang, Rabu (8/7/2020), di Sidikalang.
Sidikalang (SIB)
Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sumut meninjau proyek pengerjaan tahun anggaran (TA) 2019 di Kabupaten Dairi. APBD Provinsi Sumut dikucurkan ke Dairi berupa proyek sebesar Rp 9 miliar lebih.

Peninjauan dilakukan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Wakil Ketua, Salman Alfarisi, anggota dewan dari Sumut XI yakni Anwar Sani Tarigan, Frank Bernhard Tumanggor, Sumihar Sagala, Ingan Amin Barus didampingi beberapa pimpinan OPD Pemprov Sumut dan Kabupaten Dairi

Anggota legislatif itu meninjau proyek pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Pusat Pasar Sidikalang, pembangunan irigasi di Buluduri dan lainnya, apakah berfungsi atau tidak.

Baskami Ginting di lokasi bangunan IPAL mengatakan, bangunan IPAL lumayan bagus dan sudah berfungsi, tinggal menunggu serah terima kepada Pemkab Dairi. IPAL berbiaya Rp 1 miliar lebih itu sudah digunakan 300 kepala keluarga (KK) di sekitar Pasar Sidikalang.

"Tinggal 100 KK lagi, pipa IPAL belum terkoneksi ke rumah warga di sekitar pasar," ucapnya.

Anwar Sani menambahkan, jika pembangunan IPAL itu berhasil, akan ditambah bangunan IPAL baru. Di mana asumsinya, limbah rumah tangga dari IPAL itu akan dijadikan kompos (pupuk kandang). Setiap per 6 bulan, isi IPAL akan dikeruk dan dijadikan kompos.

"Jika berhasil, Kita akan mendorong Pemprov Sumut untuk mengucurkan anggaran pembangunan IPAL baru, karena masih ada rumah warga yang belum terkoneksi ke IPAL," ungkap Tarigan.

Selain IPAL, DPRD Sumut juga akan mengunjungi bangunan irigasi di Lae Parira, perpipaan di Simungun dan lainnya. Pemprov Sumut 2019 mengucurkan anggaran ke Dairi sekitar Rp 9 miliar lebih dengan beberapa proyek fisik.(*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs anggota dprdsu tinjau proyekPusat Pasar Sidikalang
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments