Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • DPRD Sumut Nilai Refocusing Anggaran Covid-19 di Dinkes Tidak Efektif, Angka Terinfeksi Terus Melonjak

DPRD Sumut Nilai Refocusing Anggaran Covid-19 di Dinkes Tidak Efektif, Angka Terinfeksi Terus Melonjak

Firdaus Peranginangin Senin, 22 Juni 2020 19:35 WIB
SIB/Firdaus Peranginangin

PIMPIN RAPAT : Sekretaris Komisi E DPRD Sumut Meriahta Sitepu memimpin rapat dengar pendapat dengan Kadinkes Sumut  Alwi Mujahit Hasibuan membahas refocusing anggaran penanganan Covid-19 di Dinkes, Senin (22/6/2020) sore, di DPRD Sumut.

Medan (SIB)
Kalangan Komisi E DPRD Sumut menilai refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 di Dinkes (Dinas Kesehatan) Sumut tidak efektif menanggulangi percepatan penanganan virus Corona, karena jumlah terinfeksi di Sumut terus melonjak tiap hari dan semakin tak terkendali.

Hal itu ditegaskan anggota Komisi E DPRD Sumut Mustafa Kamil Adam, Ingan Amin Barus, Pintor Sitorus, Poaradda Nababan dan Hendra Cipta dalam rapat dengar pendapat dengan Kadinkes Sumut Alwi Mujahit Hasibuan yang dipimpin Sekretaris Komisi E Meriahta Sitepu, Senin (22/6/2020) sore, di DPRD Sumut

"Refocusing ini hasilnya sangat tidak efektif dan efisien kita lihat. Buktinya sampai minggu kemarin, sudah 1.095 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Sumut," kata Mustafa Kamil Adam senada dengan Ingan Amin Barus.
Kemungkiban besar sosialiasi bahaya Covid-19 melalui anggaran yang direfocusing Dinkes Sumut, tambah Ingan Amin Barus, tidak sampai ke masyarakat lapisan bawah. Tapi hanya sebagian masyarakat saja yang memahami bahaya pandemi tersebut, termasuk langkah-langkah antisipasinya.

Anggota Komisi E Pintor Sitorus juga mempertanyakan, apa sebenarnya terobosan yang telah dilakukan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Sumut atau Dinkes Sumut, guna menanggulangi penyebaran virus Corona di wilayah ini.
"Dari anggaran sebesar Rp500 miliar lebih refocusing tahap pertama, sebenarnya sudah cukup untuk menangani penularan virus Corona ini, jika GTPP benar-benar serius melakukannya. Jadi untuk apa lagi harus ada refocusing tahap kedua, kalau yang pertama tidak maksimal, " kata Sitorus.

Sudah Maksimal

Sementara itu, Kadinkes Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, sebenarnya dalam hal sosialisasi bahaya Covid-19 berikut upaya antisipasinya, sudah maksimal dilakukan. Hanya saja, masyarakat terkesan menganggap sepele akan bahaya virus dimaksud.
"Sosialisasi sudah masif kita lakukan. Tapi seperti tidak ada pengaruhnya. Masyarakat menganggap bukan lagi "New Normal", melainkan sekarang sudah kondisi normal. Apakah kita gagal? Kita tidak gagal, peningkatan puncak sebenarnya agak lambat, karena dari awal kita lakukan antisipasi cukup efektif sehingga bisa terkendali," katanya.

Sesudah lebaran, katanya, muncul isu new normal menjadikan angka terinfeksi menanjak lagi. "Kita akan terus berusaha untuk menekan peningkatan kasus yang terjadi," terangnya.(*).



Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs Alwi Mujahit HasibuanDPRD SumutDinas Kesehatan SumutKadinkes SumutMeriahta SitepuRefocusing Anggaran Covid-19 di Dinkes Tidak EfektifSekretaris Komisi E DPRD Sumut
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments