Minggu, 27 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • DPRD Sumut Apresiasi Polres Taput Tetapkan Pemilik Akun Facebook HL Jadi Tersangka

DPRD Sumut Apresiasi Polres Taput Tetapkan Pemilik Akun Facebook HL Jadi Tersangka

Firdaus Peranginangin Rabu, 08 Juli 2020 20:24 WIB
Parlaungan Simangunsong

Medan (SIB)
Sekretaris FP Demokrat DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong mengapresiasi Polres Taput (Tapanuli Utara) yang telah menetapkan pemilik akun Facebook HL jadi tersangka, dalam kasus dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap wartawan Harian SIB (Sinar Indonesia Baru) Frans Simanjuntak di media sosial.

"Kita patut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Taput yang telah melakukan penegakan hukum terhadap pelaku penghinaan dan pencemaran nama baik. Ini perlu menjadi pembelajaran bagi kita semua agar benar-benar bijak bermedsos," ujar Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Rabu (8/7/2020), melalui telepon di Medan.

Seperti kata-kata bijak di era digital saat ini, ujar Sekretaris Komisi D ini, jagalah jemarimu, jangan sembarangan mengetik kata-kata yang melahirkan ketersinggungan, penghinaan dan pencemaran nama baik, karena ada aturan yang mengawasi, yakni Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau UU No11/2008.

"Mari kita berikan dorongan kepada Polres Taput untuk menguji UU ITE ini, sebab berdasarkan gelar perkara yang sudah dilakukan, ternyata HL dikenakan Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 UU No19/2016 tentang perubahan dari UU No11/2008 ITE, dengan ancaman 4 tahun penjara," ujar Parlaungan.

Ditambahkan anggota dewan Dapil Medan ini, siapa pun pasti akan tersinggung jika dituduh sebagai wartawan "abal-abal" yang artinya berkonotasi sangat jelek, sehingga Polres Taput perlu segera menahan tersangka HL sebagai efek jera atas perbuatannya serta memudahkan pemeriksaan.

Seperti diberitakan SIB, Rabu (8/7/2020), berdasarkan keterangan Kasat Reskrim Polres Taput AKP Jonsor Banjarnahor mengatakan, pemilik akun Facebook HL warga Kabupaten Humbang Hasundutan telah ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik di media sosial.

Seperti diketahui, awal mula kasus ini muncul, ketika postingan HL di akun Facebooknya pada 3 April 2020 menuliskan, antara lain, saya pastikan menulis berita ini adalah wartawan abal-abal.

Atas postingan ini, Wartawan SIB Frans Simanjuntak melaporkan pemilik akun Facebook HL ke Polres Taput, Senin (20/4/2020) dan kemudian Polres Taput menetapkan HL tersangka.(*).



Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs DPRD SumutParlaungan SimangunsongUU ITEpolres taputwartawan abal-abalwartawan sib
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments